Sosialisasi Perairan Menyasar Sekolah di Nusa Penida



Coral Triangle Center memberikan materi tentang koservasi perairan terhadap siswa (foto/sjd)

Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Semenjak ditetapkannya Nusa Penida sebagai kawasan koservasi perairan yang diresmikan pada saat festival Nusa Penida 2014 lalu. Nusa Penida termasuk kawasan segitiga karang dunia. Daya tarik inilah pengunjung berdatangan ke Nusa Penida untuk snorkeling dan diving. Namun aksi-aksi yang tidak bertanggung jawab seperti pengeboman karang, menyelam menggunakan kompresor oka serta yang lainya yang menyebabkan keberadaan biota laut terancam. 

Melihat hal itu UPT. Kawasan Koservasi Perairan Nusa Penida I Nyoman Karyawan mengadalan sosialisasi SMK Negeri I Nusa Penida mengatakan pengenalan sejak dini tentang kawasan koservasi. Ini sangat penting dilakukan untuk memberikan pemahaman lebih mendalam tentang zona-zona kawasan koservasi. Tidak hanya tentang zona koservasi meteri yang diberikan juga tentang lingkungan seperti sampah plastic dan keberadaan satwa langka seperti mola-mola, penyu dan pari manta & hutan bakau, Kamis (2/4).

Biota laut yang ada didalamnya sangat penting keberadaannya sehingga perlu dilestarikan berkelanjutan. Generasi peneruslah yang akan menjadi tonggak pelestari selanjutnya agar mereka tidak salah langkah untuk menjaga kelestarian alam Nusa Penida yang nantinya membawa kemajuan Nusa Penida.

Sosialisasi tentang kawasan koservasi menyasar sekolah yang ada di Nusa Penida kecuali di Nusa Lembongan. Sekolah di Nusa Lembongan masih tahap kearah sana tapi waktu belum ditentukan.Setiap sekolah yang akan diadakan sosialisasi sudah berkordinasi sebelumnya dengan pihak sekolah agar tidak mengganggu aktifitas belajar. Extrakurikurer pecinta alam di sekolah akan diterapkan materi tentang koservasi dan perlindungan alam, “ terang Karyawan.

Karyawan menambahkan ini tidak hanya hangat tai ayam tapi terus dilakukan terutama saat ajaran baru (MOS) sosialisasi tidak putus karena siswa yang baru diperkenalkan koservasi. Kegiatan ini bekerja sama dengan Coral Triangle Center, Yayasan Kura-Kura &  FNPF. 

Sementara  Wakahumas SMK Negeri I Nusa Penida I Nyoman Kirim,S.pd mengatakan sangat berterima kasih kegiatan ini serta menyambut baik. Keberadaan koservasi sangat penting untuk keberlangsungan biota lautnya di lingkungan masing-masing. Untuk kedepannya kami pihak sekolah agar terus dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa secara berkesinambungan. 

Oleh : Santana Ja Dewa





Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.