Dengan Tari Pendet, 2015 Orang Penari Penutupan Festival Semarapura I

sangat spetakuler pendekt sebanyak 2015 penari (foto/sjd)

 Klungkung (waklaba.blogspot.com)

Di hari terkahir festival semarapura I penutupan digelar tari pendet dengan melibatkan 2015 orang penari dan hiburan music band local Bali Kiss band serta yang menghadirkan artis nasional yaitu penyanyi Astrid, Selasa (28/4) kemarin.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan momentum Festival Semarapura I ini sebagai momentum yang tepat untuk kebangkitan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Klungkung. Tidak cukup disitu UMKM juga dibangkitkan.

“ yang jelas tidak ada makna khusus mengenai tari pendet ditarikan sebanyak 2015. Hanya saja sebagai pengingat bahwa di tahun 2015 sebagai tonggak kebangkitan seni dan budaya Klungkung, “ katanya Bupati Suwirta.

Lebih dari itu Suwirta salah satu upaya pelestarian tari sacral yang kita miliki agar jejak apa yang kita lakukan nantinya diteruskan oleh generasi berikutnya.

Penari yang berjumlah sesuai tahun sekarang 2015 ini memenuhi 4 jalan raya yang berpusat di Catus Pata Klungkung. Peserta dari unsur perempuan elemen masyarakat menari tari pendet dengan lemah gemulai. Sesuai dengan makna tari pendet untuk menyambut para dewata turun ke bumi seolah berpesan agar para Dewata-dewati turun kebumi ditahun 2015 ini agar semua mahluk khususnya di Kabupaten Klungkung mendapatkan berkah kesejahteraan. Pemakaian kustum sesuai dengan arah mata angin (nawasanga) di sebalah barat berkostum merah , utara hitam , timur putih dan selatan hitam.

Sementara Kepala BPD Bali Cabang Klungkung Ida Ayu Tri Raswinari,SE.MM mengatakan BPD Bali sangat komitmen terhadap pelestarian budaya yang ada di Kabupaten Klungkung terutama tari pendet melalui program Corporate social responsibility (CSR). Saat penutupan Festival tari yang ditarikan sebanyak 2015 penari dikoordinir & Suport BPD Bali.


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.