Ngelawar Mempererat Persaudaraan


STT Wisnu Dharma perayaan Hut STT dengan ngelawar (foto/sukara)

Batumulapan (waklaba.blogspot.com)

Ngelawar merupakan tradisi Bali yang diperuntungkan saat hajatan maupun piodalan di pura. Selama ini generasi muda Bali acuh tak acuh dengan tradisi ngelawar, namun seiring waktu generasi muda mulai sadar akan tradisi ini. Begitu juga yang dilakukan STT Wisnu Dharma Banjar Batumulapan Kauh, Desa Batununggul. Saat perayaan Hut STT Wisnu Dharma yang ke 40 sekaha teruna ngelawar digelar di Wantilan Pura Dalem Cemara, Senin (27/4).

Hal ini disampaikan Ketua STT Wisnu Dharma I Putu Eka Sugiana mengatakan tradisi ini memang menjadi agenda setiap tahun jelang ulang tahun STT. Kegiatan ini dimaksudkan agar sekaha teruna bisa ngelawar tidak hanya bisa mencicipi saja. Disamping itu, kegiatan ini sangat mempererat persaudaraan antar sekaha teruna.

Lanjut Eka mengatakan atensi sekaha teruna sangat tinggi dan kegiatan ini sebagai ajang pembelajaran sekaha tentang ngelawar yang akan diinplementasikan kemasyarakat nantinya. Namun tetap berkoordinasi dengan pihak bendesa, “ terangnya.

Harapan dari kegiatan yang dilaksanakan STT. Wisnu Dharma kedepannya adalah untuk meningkatkan kerjasama , kekompakan dan persaudaraan yang erat didalam maupun diluar masyarakat, “ ujarnya tokoh muda Gede Sukara.

Sementara Bendesa Desa Pakraman Batumulapan Agus Wayudi, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi sekaha teruna untuk bisa diinplementasikan ke masyarakat.” Saya sangat berterima kasih kepada sekaha teruna mau belajar ngelawar , “ ucapnya.


Oleh ; Santana Ja Dewa 
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.