Sekaha Teruna Ngayah Di Pura Penataran Dalem Ped




Pengayah dan krama pengempon serta sekaha teruna mempersiapakan sarana pujawali (foto/yansu)
 
Ped (waklaba.blogspot.com)

Menjelang pujawali di Pura Penataran Ped Nusa Penida Rabu (15/4) mendatang, sejumlah persiapan sudah mulai dilakukan. Ini nampak pada Minggu 12 April 2015 sejumlah sekehe teruna teruni membuat penjor dan menghias wantilan Pura. Demikian pula sejumlah pengayah dari Desa Pekraman secara terjadwal membuat banten dan memasang umbul-umbul.

Ketika dikonfirmasi kepada sie Kesenian Pura Penataran Dalem Ped I Nyoman Pindah, sekehe Teruna yang hadir adalah Sekehe Teruna dari Desa Pekraman Sebun Ibus, Nyuh Kukuh dan Jurang Pait. Jumlahnya berkisar 50 orang tiap sekehe teruna sehingga keseluruhan jumlah muda mudi yang hadir 150 orang. Mereka ngayah mengerjakan pembuatan Penjor, menghias wantilan dan juga membersihkan areal lingkungan Pura.

Rupanya kegiatan ngayah yang dilakukan sekehe teruna teruni ini rutin dilakukan tiap pujawali di pura Penataran Dalem Ped.

 "Kami ngayah setiap ada pujawali di Ped, setiap 6 bulan sekali secara rutin tanpa harus diberitahu, ujar I Wayan Guna koordinator sekehe terunaDesa Pekraman Banjar Sebun Ibus, Selasa (14/4).Ini sebagai wujud bhakti sekaligus melatih ketrampilan dalam membuat penjor dan menghias pura.

Selain itu ngayah yang dilakukan beberapa sekehe teruna ini berbeda desa pekraman. Ini bisa membuat mereka saling kenal satu sama lain dan munumbuhkan persaudaraan, persatuan sesama pemuda pemudi dari Nusa Penida. Ngayah yang dilakukan Sekehe Teruna Teruni di Pura Penataran Ped berfungsi tidak sekedar ngayah belaka.

Sementara Panitia I Ketut Narsa mengatakan persiapan piodalan sudah kami lakukan dua minggu sebelumnya. Pengayah dan pengempon silih berganti ngayah di Pura Penataran Ped. Semua pengayah dan krama pengempon kami kordinir dengan membuat jadwal, tidak hanya krama saja sekaha teruna juga dilibatkan, “ ujarnya.#SJD

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.