602 Umat Terlayani Upacara Masal




Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta DPRD hadiri upacara  masal di Balai Desa Batununggul (foto/sjd)
 
Batununggul (waklaba.blogspot.com)

Upacara masal metatah , sapu leger yang diselenggarakan PHDI Kecamatan Nusa Penida bertepatan dengan rahina Saniscara Kliwon Wuku Wayang, Sabtu (11/4).

upacara masal meliputi metatah (potong gigi) yang diikuti peserta sebanyak 161 orang, upacara sapuh leger sebanyak 142 orang, upacara sanan empeg sebanyak 101 orang dan upacara gangga prastista sebanyak 602 orang, “ujar Ketua Panitia Mangku Made Septarawan.

Dia mengatakan upacara yang dipuput delapan sulinggih ini berlangsung di Balai Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida dengan jumlah peserta sebanyak 1.006 orang. tahun ini PHDI menyelenggarakan upacara masal dengan tujuan untuk membantu umat dalam melaksanakan yadnya.

“Dengan upacara masal ini umat bisa diringankan dalam pembiayaan,”
ujarnya.


Menurut Ketua Harian PHDI Nusa Penida I Nyoman Saurta, upacara ini akan dirancang digelar setiap dua tahun sekali, mengingat animo masyarakat untuk ikut upacara ini juga sangat tinggi.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menghadiri upacara masal di Nusa Penida  Klungkung, seusai menghadiri dua upacara masal tersebut mengapresiasi yadnya yang digelar secara masal ini. Menurut Bupati, dengan dilandasi kebersamaan masyarakat telah menjaga semangat gotong royong dan menjaga persatuan. “Mari landasi yadnya ini dengan ketulusan,”ajaknya. Sementara itu, untuk lancarnya pelaksanaan upacara, Bupati Suwirta juga menyerahkan punia yang diterima panitia upacara. #SJD

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.