Festival Semarapura 2015 Siap Digelar



rapat persiapan semarapura festival (foto/sjd) 
 
Klungkung (waklaba.blogspot.com)

Klungkung salah satu kabupaten terkecil dari kabupaten lainya di Bali, terdiri dari 4 kecamatan yakni Banjarangkan, Klungkung, Dawan & Nusa Penida. setiap daerah di Klungkung mempunyai daya tarik tersendiri baik itu seni budaya maupun alamnya. Klungkung yang dijuluki Bumi Sembotan yang didalam terdapat berbagia keragaman budaya. Yang paling kelihatan, dialeg bahasa berbagai macam.

“ melihat potensi yang begitu besar Pemkab Klungkung menggelar Festival Semarapura 2015. Sebagai ajang promosi pariwisata dan juga menampung inspirasi para seniman. Festival ini juga berbarengan dengan Hut Puputan Klungklung & Hut Kota Semarapura. Mulai 25-28 April festival digelar. Selama empat hari, tersaji aktraksi budaya parade seni , kuliner , kerajinan , napak tilas Puputan Klungkung , fashin show , touring serta berbagai kegiatan lainya. Semua lapisan masyarakat yang terlibat termasuk dari kelompok barong sai naga hijau dan kampung jawa, “ kata Koordinator Pawai Dewa Gede Alit Saputra, Senin (2/3).

Ia mengatakan besarnya atensi acara ini, kami beroptimis  berjalan lancar walaupun pertama kali digelar. 
 “ persiapan sih sudah okey , tinggal menyempurnakan saja, " ucap Alit..

 Festival ini mengusung tema Artita Warta Mana Negata yang artinya pembangunan, kemajuan dihari ini bercermin pada kejayaan masa lampau untuk mencerminkan yang akan datang. 
 
Pada masa lampau Klungkung salah satu pusat kerajaan di Bali. peradaban Bali tumbuh mengakar berawal dari Bumi Serombotan. Jejaknya masih terlihat di Kertha Gosa dan Puri Agung Klungkung. 

Kadis Budpar I Wayan Sujana mengatakan persiapan sebelumnya diawali dengan sosialisasi kepada masyarakat akan digelarnya festival. Teknisnya setiap kegiatan sudah terbagi pos-pos tertentu. Masing-masing kecamatan menampilkan seni budaya seperti di Nusa Penida Tari Jangkang Pelilit yang sudah terkenal icon budaya sementara di Klungkung juga ada Jangkang Budaya juga mempunyai ciri khas tersendiri. 

“ kami juga melibatkan unsure sekolah, jajaran Pemkab Klungkung , masyarakat juga dari Unud. Walaupun digelar pertama, kami sudah pernah menggelar festival di Nusa Penida. Pengalaman dari sana kita menyempurnakan kekurangnya, “ terang Ketua Panitia.

 Semarapura Festival lanjut Sujana selain sebagai ajang promosi juga berdampak pada perekonomian masyarakat Klungkung. Selama ini, para turis hanya mengenal Kertha Gosa dan Desa Kamasan. Dengan festival akan lebih jauh mengenal Klungkung secara utuh, “ imbuhnya. 

Oleh : Santana Ja Dewa




Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.