Potensi Ternak Nusa Penida Belum Memiliki Setral Pasar




                                                                I Made Jana (foto/sjd)


Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Nusa Penida adalah satu pengahasil ternak sapi unggul di Bali, tidak hanya dikenal di Bali saja namun di luar Bali sangat terkenal. Melihat hal itu
 Ketua Komisi III DPRD Klungkung, Made Jana meminta agar Pemkab Klungkung bisa merealisasikan Pasar Hewan di Nusa Penida

. “Potensi peternakan utamannya sapi, unggas dan babi sangat besar di Nusa Penida, pasarnya kita belum punya,” terang Made Jana, Senin (23/3) kemarin.

Lanjut Made Jana mengatakan bahwa di Nusa Penida sendiri sudah terdapat pasar hewan khusus untuk sapi, namun dari segi luasan dan tempatnya sangat tidak strategis. “Luas pasar hewan itu hanya 8 are, berada di Pasar Mentigi lagi dan dekat dengan Bungalow milik Pemkab Klungkung, ini tempatnya sangat tidak strategis,” ucapnya.

 Gagasan yang dicetuskan beberapa tahun sebelumnya sudah semestinya diwujudkan. Dipaparkannya lagi, Nusa Penida mesti memiliki sentra pasar hewan, agar interaksi antara pemilik sapi dengan saudagar dan pembeli bertemu di satu tempat.

pemilik ternak sapi dan hewan unggas selalu merasa dirugikan oleh saudagar atau pembeli. Dimana para saudagar ini datang dor to dor untuk untuk membeli ternak peliharaan. Pada kondiri pemilik ternak membutuhkan uang.

“Mereka seringkali terdesak untuk menjual, mengingat pemilik ternak sering didatangi saudagar atau pembeli saat musim-musim krisis keuangan,” terang Jana.

sehingga dengan adanya sentral pasar hewan di Nusa Penida, pemilik ternak bisa mengetahui harga pasaran ternak yang sebenarnya. Diharapkannya dengan adanya pasar hewan tersebut, pemilik hewan atau ternak bisa menikmari penjualan ternaknya sesuai dengan harga yang sepantasnya dan saudagar maupun pembeli mendapatkan keuntungan yang sewajarnya.
Bahkan untuk pengadaan lahan yang ideal sekitar 1 atau 2 hektar, dirinya selaku Ketua Komisi III siap memfasilitasi terkait pengadaan lahan untuk pasar hewan tersebut.#SJD


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.