Program Pemberdayaan Menurunkan Kemiskinan di Klungkung




 pembukan padat karya salah satu program pemberdayaan (foto/sjd)
 
Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Klungkung salah satu kabupaten dengan wilayah terkecil dari lainya dengan menyimpan berbagai permasalah termasuk kemiskinan. Dari empat kecamatan, Nusa Penida paling banyak terdapat KK miskin.

Menurut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta Senin (29/3), memang diakui tingkat kemiskinan di Klungkung sangat tinggi  terutama di Nusa Penida tingkat kemiskinan mencapai 40 %. Upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Klungkung menurunkan tingkat kemiskinan untuk menuju Klungkung unggul dan sejahtera dengan program pemberdayaan masyarakat. Baik itu penyuluhan pertanian, peternakan, pelatihan serta program padat karya. 

Pemerintah hanya bisa merencanakan, peran masyarakat harus diberdayakan melalui pelatihan maupun penyuluhan. Lebih focus pada pemberantasan rumah layak uni dengan program bedah rumah terus digelontorkan setiap tahunnya, target ditahun 2016 rumah layak uni sudah terselesaikan, “ targetnya Suwirta.
Lanjut Suwirta sector pariwisata di Klungkung khususnya di Nusa Penida animo atau keinginan investor sangat luar biasa untuk menanamkan modalnya di Nusa Penida. Pemerintah Klungkung sudah memberikan ijin, tapi tidak mengobral Nusa Penida untuk meningkatakan PAD oleh sebab itu perencanaan tata ruang Nusa Penida yang akan diperdakan untuk menjaga keasrian dan keindahan Nusa Penida.

Oleh : Santana Ja Dewa

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.