Suwirta : Jangan Sekedar Tanam Aja!


secara simbolis Bupati Suwirta tanam cempaka (foto/sjd)

KUTAMPI, Pemerintah Kabupaten Klungkung melaksanakan Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2015 di Dusun Jurangpahit, Desa Kutampi, Nusa Penida. Aksi tanam ini dipimpin langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan didampingi Wabup Made Kasta, Camat Nusa Penida Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, Kadis Pertanian I Wayan Durma serta perwakilan unsur Muspida, pimpinan SKPD bersama masyarakat setempat.

 Disudut timur mendung hitam pekat bergerak memuntahkan hujan gerimis di lokasi. Sontak seluruh undangan yang hadirpun bersorak menyambut hujan yang sangat jarang turun di Nusa Penida.

 “ aksi tanam pohon ini merupakan bagian dari program penanaman satu miliar pohon, yang mana puncak acara pada tingkat provinsi diselenggarakan di Desa Batur Kabupaten  Bangli (11/12) nanti. Untuk wilayah Klungkung, telah, sedang dan akan ditanam sebanyak 213.150 pohon dari berbagai jenis tanaman. Meliputi mahoni, gmelina , cempaka, cendana, bambu, sawo, kelapa dan mangga, sumber dananya berasal dari DAK, APBD dan APBN, “ ujar Kadis Pertanian I Wayan Durma dalam laporannya.

Bupati Suwirta mengarahkan supaya pohon - pohon yang telah ditanam agar senantiasa diperhatikan dan dirawat. " Tolong pantau perkembangan pohon yg telah ditanam sebelumnya. Jangan hanya membuat program tanpa ada tindak lanjut pemeliharaannya," pintanya.

Dia juga mendorong warga masyarakat supaya menggalakan reboisasi. Hal ini sangat penting supaya resapan air lebih banyak ketanah dan tidak langsung terbuang kelaut. Sehingga kandungan air dalam tanah akan lebih banyak.

Serangkaian dengan acara HMPI dan BMN, juga diserahkan benih unggul jagung secara simbolis kepada masing - masing perwakilan kelompok tani oleh Bupati Suwirta.(sjd)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.