Mata Air Tembeling Fasilitas Penunjang Masih Minim

Bupati Suwirta menikmati gemercik air Tembeling (foto/SJD)

BATUMADEG, Mata air Tembeling salah satu tempat wisata air paling lengkap. Anugrah alam sangat luar biasa, tidak hanya mata air namun tempat ini menawarkan hutan, tebing dan pantai yang elok. Aura spritual terpancar karena letak tempat ini berdampingan dengan Pura Wajening Tembeling.
Tembeling terletak di Banjar Saren, Desa Batumadeg, Nusa Penida akses menjadi persoalan. Medan sulit ditambah jalan kecil dan licin.

" Tempat ini sangat luar biasa, tapi sarana penunjang masih minim sehingga saya perintahkan Dinas PU untuk mengkaji ke lapangan. Butuh strategi jitu mempromosikan tempat ini agar benar-benar memikat penggunjung bertambah banyak, " kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat ditemui di Tembeling, Minggu (27/12).

Dia menghimbau kepada masyarakat setempat menjaga dan memelihara tempat wisata ini. Sedangkan masalah akses, masyarakat diminta memilih jalan yang lebar atau jalan khusus ojek.

" kita tetap beri masyarakat pilihan agar nanti tetap masyarakat bisa diberdayakan. Saya minta pemerintah desa berkordinasi dengan kabupaten, " pinta Suwirta.

Dia menambahkan keamanan dan kenyamanan pengunjung diutamakan sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat dicegah seperti beberapa hari lalu terjadi musibah, sehingga life guard sangat dibutuhkan guna menjaga dan mengawasi penggunjung.
Menurut Perbekel Batumadeg I Made Mustika, sarana penjungang sudah dianggarkan melalui ADD sebesar 200 juta untuk pembuatan tangga, gasebo dan toilet. Hal ini saran dari pelancong sendiri. Sementara tempat ini mulai ramai dikunjungi semenjak dua tahun silam.

Oleh : Santana Ja Dewa


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.