Pohon Gepah Tumbang Dua Pelinggih Ancur

BPBD bersama warga gotong-royong membersihkan pohin gepah yang tumbang (foto/SJD)

PED, Pohon gepuh besar berusia ratusan tahun tumbang di jaba sisi Pura Dalem See Banjar Prapat, Desa Ped, Nusa Penida, Sabtu (26/12) pagi.
Musibah tersebut tidak terjadi korban jiwa karena lokasi pura jauh dari pemukiman. Dua pelinggih dan penyingger roboh sepanjang delapan meter tertimpa Pura Prajepati hingga rusak parah.

Kronologi kejadian, informasi dilapangan Minggu (27/12), pohon yang dikeramatkan tersebut diketahui tumbang sekitar pkl. 08.00 wita diterjang angin kencang. Pohon tersebut sebelum tumbang sudah dalam keadaan miring kebarat. Usia pohon ini diduga penyebab disamping itu bagian dalam pohon lapuk. Tidak kuat menahan beban disapu angin kencang langsung roboh. Pura yang diempon 45 KK, belum bisa diketahui kerugiannya.

Kelian banjar setempat I Ketut Lama, pohon keramat tersebut tumbang secara niskala kami telah menggelar upacara pencaruan abrunbunan dan pengulapan.
Reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Klungkung yang dibantu krama bergotong royong membersihkan pohon tumbang dengan menggunakan gergaji mesin.

" Musibah ini belum kita pastikan berapa gerugian yang dialami, " ujar Sekretaris BPBD Klungkung I Dewa Gede Wisasta.

Oleh : Santana Ja Dewa


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.