Padi Legendaris Kembali Ditanam di Nusa Penida

petani mencoba pagi gogo (foto/jarot)

NUSA PENIDA,Padi gogo salah satu komuditas masyarakat Nusa Penida pada zamannya. Pemerintah Klungkung untuk pertama kalinya setelah 45 tahun silam, kembali dilakukan penanaman pagi jenis gogo. Penanaman tersebut sudah dimulai dilaksanakan pada 9 Desember lalu,  percobaan dan percontohan pada lahan denplot di dua desa Batumadeg dan Batukandik seluas 1,5 hektar.

 “Kita sudah lakukan penanaman di dua desa, kita lakukan penanaman di awal musim hujan. percobaan penanaman padi Gogo varietas unggul Situ Bagendil ditanam di lahan milik petani setempat ,” kata Kadistanhutbun Klungkung Wayan Durma, Rabu (15/12).

Menurut Durma, pihaknya hanya menyediakan bibit disamping itu, petani diberikan penyuluhan pemeliharaannya. Selanjutnya bila percobaan ini berhasil, maka proyek ini akan kita lanjutkan dengan skala yang lebih besar. Sedangkan bila gagal, akan dicoba diulang sekali lagi di musim penghujan di Tahun 2016 mendatang dan mengevaluasi apa saja kendala penanaman dan pemeliharaan di Tahun 2015 ini. Jika berhasil, padi gogo akan dikembangkan 6 desa (Batukandik, Batumadeg, Bungamekar, Klumpu dan Sekartaji).

Dia mengakui persoalan cuaca sangat berpengaruh tumbuhnya padi gogo. Curah hujan tidak merata pada musim ini, peluang gagal menghantui. Tapi, tentu kita berharap berhasil. Sementara hama, pihaknya belum antisipasi. Hasil maksimal yang bisa dicapai per hektarnya mencapai 4 ton gabah, sedangkan bila ditanam di persawahan bisa menghasilkan 6 ton gabah, “ bebernya.(SJD).



Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.