Cuaca Extrem, Nusa Penida Gelar Upacara Taur Gentuh


Ida Bhatara Tirta turun kabeh di Pura Dalem (foto/sjd)

NUSA PENIDA,Upacara Taur Gentuh yang digelar Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul dipusatkan di Pura Dalem setempat bertepatan dengan rahina Tilem Keenem, Kamis (10/12) kemarin. Upacara ini digelar berkaiatan dengan cuaca panas melanda Nusa Penida. Cipratan hujan tidak merata bahkan di daerah Batununggul dan sekitarnya sampai saat ini hujan masih enggan turun. Upacara tersebut dihadiri Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, SSTP.

“ upacara Taur Gentuh diawali dengan Bhatara Tirta turun kabeh dari Pura Sad Kahyangan Jagat Nusa Penida dan Pura Kahyangan Tiga berjumlah 18. Upacara ini digelar setiap tahun yang sudah diwarisi dari leluhur. Tujuan upacara ini tiada lain memohon kepada Beliau agar situasi cuaca extreme cepat berlalu.Kehadiaran hujan sangat diharapkan masyarakat agar situasi teduh, “ kata Bendesa Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul I Dewa Ketut Tayanegara saat ditemui di Pura Dalem setempat, Jumat (12/12).

Tayanegara mengatakan puncak upacara ini berlangsung kemarin sedangkan nyinep Ida Bhatara hari Minggu. Upacara ini juga menjaga keharmonisi alam antara buana alit dan buana agung untuk memberikan rasa teduh masyarakat dan alam semesta, “ imbuhnya.

Menurut Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, SSTP, cuaca saat ini sangat extreme. Panas dari siang hingga malam sangat meresahkan. “mudah-mudahan melalui upacara ini hujan turun memberikan rasa teduh kepada masyarakat Nusa Penida, “ tuturnya.

Oleh : Santana Ja Dewa




Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.