Hindari Ngopi Saat Perut Kosong



Warna kemerahan matahari memancarkan sinar, saat inilah sebagain orang bangun dari tidur untuk mengawali aktifitas, hal pertama dilakukan adalah mengisi dengan sarapan. Tapi, sebagain besar orang di Indonesia mengisi sarapan dengan seteguk kopi. Sewaktu tidur semua makanan sudah dicerna.
Kebiasaan ngopi saat pagi hari dengan kondisi perut kosong menyebabkan asam lambung naik. Caffeine adalah zat yang terkandung didalam kopi berakibat lapar tertunda. Sehingga waktu mengisi perut tertunda hingga siang hari. Rutinitas ini salah satu penyebab penyakit maag.

“ kebiasaan tersebut salah satu penyebab asam lambung naik. Sebaiknya sarapan terlebih dahulu sebelum ngopi. Namun diakuai ngopi pada pagi hari berefek meningkatkan daya kreatifitas seseorang. Aktifitas dari pagi hingga jeda siang hari membutuhkan energy, “ kata dr. I Wayan Sucitra saat ditemui tempat prakteknya di Banjar Kutapang, Desa Batununggul.

Alumnus Kedokteran Universitas Udayana tahun 1997 silam mengatakan ngopi tidak bisa terlepas masyarakat. Dia menyarankan ngopi sebaiknya dilakukan setelah sarapan dan secangkir dalam sehari.

Selain ngopi, jika mengisinya dengan zat-zat yang menambah asam seperti makanan pedas, alcohol & minuman bersoda efeknya adalah iritasi dan nyeri diulu hati. Salah satu cirinya adalah saat gosok gigi akan terasa mual. Selain itu  minum obat selalu disarankan makan terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari dinding perut akan teriritasi apabila minum obat dalam keadaan perut kosong. Obat juga bisa menambah keasaman dalam lambung.
Oleh : Santana Ja Dewa




Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.