Seribu Penari Jangkang Gladi Bersih

seribu penari gladik bersih persiapan open sereminial Nusa Penida Festiva 2016 (foto/sjd)


PED, Spesial event Nusa Penida Festival 2016 seribu penari Jangkang Pelilit turut memeriahkan agenda tahunan yang digelar. Tari Jangkang salah satu tari sakral yang dipersembahkan saat upacara piodalan di Kahyangan Tiga Desa Pakraman Pelilit, Desa Pejukutan. Beda dari pakem baris pada umumnya di Bali, tari ini menginplementasikan satria sedang berperang. Gerak tari lebih mengadopsi alam setempat.

" Tari Jangkang Pelilit dipentaskan saat festival kali ini bukan exploitasi tari sakral itu sendiri melainkan memperkenalkan lebih luas bahwa Nusa Penida memiliki budaya unik. Seribu penari keserasian dan kekompakan perlu adaptasi ditempat pergelaran, " kata penata tari Ni Komang Mulati saat ditemui gladi bersih Tari Jangkang Pelilit.


peserta seribu penari Jangkang Pelilit (foto/hmsklk)

Menurut Mulati, penari melibatkan masyarakat dan siswa sekolah SMP dan SMA. Latihan sebelumnya di banjar atau sekolah masing-masing. Sekarang kita padukan sesuia dengan posisi masing-masing.

" Begitu banyak penari keserasian agak susah, namun sekian gladi resik dilakukan sudah siap dipentaskan besok, " ujarnya.

Humas NPF 2016 I Nyoman Widana, rangkain agenda pembukaan ada upacara pekelem dan Tari Jangkang Pelilit. Widana memahami tari sakral ini tidak sekedar ditarikan melainkan upaya promosi budaya, kita sadari budaya dan pariwisata satu kesatuan di Bali. (*sjd)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.