Keberlanjutan Wisata Bahari

Dirjen Kelautan Pesisir, Pulau-Pulau Kecil Kementrian Kelautan dan Perikanan Andi Sopandi bersama Bupati I Nyoman Suwirta secara simbolis transplantasi coral (foto/sjd)

PED, Aneka terumbu karang daya tarik mendatangkan wisatawan apalagi Nusa Penida tempat favorit menyelam. Bermodal terumbu karang jika tidak dijaga dan dilestarikan dengan baik berdampak pada kunjungan wisatawan datang ke Nusa Penida.

" Pokok pariwisata bahari adalah terumbu karang, jika tidak bisa menjaga dan melestarikan dikewatirkan berdampak wisatawan enggan datang. Tranplantasi terumbu karang adalah wujud pelestarian, " kata Dirjen Kelautan Pesisir, Pulau-Pulau Kecil Kementrian Kelautan dan Perikanan Andi Sopandi, agenda acara tranplantasi terumbu karang dan beach clean Nusa Penida Festival, Sabtu (8/9).

Perlu diketaui kepualuana Nusa Penida masuk kategori pulau terluar, Presiden Joko Widodo mencanangkan pulau terluar menjadi beranda Nkri. Andi mengajak semua masyarakat pinggir pantai lebih bagus dari dataran jangan sampai dibelakangi oleh kita. Prinsipnya menjadikan pantai beranda harus juga pelihara.

Ada beberapa poin jadi prioritas kawasan koservasi perairan dan pariwisata nasional program destinasi pariwisata mengerucut. " Pulau-pulau kecil kedaulatan ada disini sekaligus pulau terluar pemanfaatan & ekplotasi nuansa berkelanjutan mempunyai manfaat buat masyarakat. Menjaga kedalautan pangan mengembangkan lebih baik anak-anak asupan gizi dengan ikan yang asa disini untuj generasi kedepan. Jenis ikan yang ada isini menjadi kembangga kita. Jika kelola dengan baik akan mendatangkan rejeki," tuturnya.

Penting mensosialisaikan keberadaan terumbu karang kepada masyarakat dan anak sekolah berbagai jenjang. Bagaimana mereka tau betul ketumbu karang dan manfaaatnya. Mengelola daerah koservasi perairan tidak sebatasa pemenrintah daerah dan pusat semata dukungan masyarakat andil dalam pelestarian. Kerjasama swasta, pelaku pariwisata, tokoh masyarakat duduk bersama bagaimana pemanfaatan dan pelestarian potensi laut disepakati.

Nusa penida sangat strategis kita menyajikan spot dive dan selancar Andi kembali menegaskan mempertahankan potensi ini agar tidak rusak dan pantainya kotor.

Bupati Suwirta menyampaikan jangan terlalu bangga dengan berbagi sebutan Nusa Penida. Kita harus resapi bersama andalan kita wisata bahari mendatangkan wisatawan. " Mari kita jaga laut, pesisir serta alam yang memberikan potensi besar dimanfaatkan secara berkelanjutan tidak hanya sekejap," terangnya.(*sjd)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.