Kebudayaan Tionghoa Singaraja Diimplentasikan Sebuah Pameran

pamern Qilin di Neka Museum Neka, Ubud (foto/susanta)

UBUD-GIANYAR, Kebudayaan Masyarakat Tionghoa Singaraja " Qilin " menarik diungkap dipermukaan berkesenian. Ketertarikan tersebut dasar riset berbagai titik menuju kesebuah perhelatan pemeran. Kalaborasi Dosen, Mahasiswa dan Alumni Prodi Pendidikan Seni Rupa Undiksha Singaraja menggelar pemeran bersama di Museum Neka, Ubud berlangsung 22 Oktober - 22 November.
Bedanya pemeran ini, menurut kurator Made Susanta Dwitanaya sebuah riset dalam kegiatan ilmiah laporan akhirnya adalah laporan penelitian berupa teks ilmiah yang kemudian dihadirkan dalam kegiatan ilmiah berupa seminar, simposium atau pertemuan ilmiah lainnya; bentuk pertemuan ilmiah ini adalah pertanggungjawaban peneliti kehadapan publik akademik—sebuah penelitian, sudah barang tentu mengharuskan si peneliti untuk mempertanggungjawabkan temuannya kehadapan publik akademik dalam bentuk pertemuan ilmiah tadi.

Sementara itu, sebuah pameran yang berformat by research memiliki kesamaan dengan penelitian ilmiah mulai dari penentuan rumusan masalah, kajian teori, teknik pengumpulan data, dan pengolahan data. Bedanya hanya terletak pada laporan akhirnya saja. Pameran by research laporan akhirnya adalah sebuah pameran dengan perangkatnya berupa esai kuratorial dan walltext, dan penentuan display.

Dalam pameran ini, kami melakukan riset tentang kubudayaan Tionghoa Singaraja yang memberi kontribusi terhadap kebudayaan Bali, dan sebaliknya kebudayaan Bali yang memberi kontribusi terhadap kebudayaan Tionghoa. Ingin diketahui serupa apa sajakah kontribusi tersebut, maka berdasarkan itulah kami terjun ke lapangan mengumpulkan data melalui teknik wawancara, observasi, kepustakaan, dokumentasi, dan life history.

Data yang berhasil kami kumpulkan kemudian diolah dengan model Milles dan Huberman. Hasilnya disajaikan dalam bentuk abstrak kuratorial. Abstak kuratorial ini kemudian dipresentasikan kehadapan para perupa calon peserta pameran ini. Abstrak kuratorial ini terdiri dari sejumlah esai dan kemungkinan perwujudan perupaannya. Secara teknis kemungkinan perwujudan perupaan ini didiskusikan bersama para perupa calon peserta pameran ini. Para perupa secara perorangan atau secara berkelompok kemudian mewujudkan gagasan kekaryaan dalam bentuk karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi. Karya ini bersama kelengkapan pameran lainnya seperti esai kuratorial dalam bentuk katalog dan walltext kemudian dipemerkan di Museum Neka Ubud. Inilah bentuk laporan akhir dari sebuah pameran by research.

Pemeran ini diberi tajuk “kilin”. Nama ini diambil dari salah satu artefak kebudayaan Tionghoa yang bukan hanya penting, tetapi juga unik dan menarik. Diharapkan istilah “kilin” dapat mewakili keseluruhan konsep dan perwujudan kebudayaan Tionghoa Singaraja dalam pameran ini. Sebagai tema, “kilin” kemudian dipecah ke dalam empat sub tema lain yang masing-masing adalah ‘spiritualitas dan religiolitas’, ‘artefak dan jejak-jejak’, ‘cerita dan wacana’, dan ‘potret dan tokoh’. Empat sub tema ini diharapkan bisa merangkum keseluruhan praktik budaya Tionghoa Singaraja.
Spiritualitas dan Religioritas memperlihatkan bagaimana hubungan vertikal masyarakat Tionghoa Singaraja yang dalam praktiknya sekaligus menjalani hubungan horizontal. Beragam sarana pendukung kegiatan religi misalnya adalah hasil respon yang adaptif terhadap budaya setempat (Singaraja). Karya ini secara terbuka memerlihatkan kontribusi budaya Singaraja terhadap budaya Tionghoa. Dalam perwujudannya, kami menghadirkan karya kerja kelompok gabungan berupa sebuah karya seni rupa dua dimensi dengan ukuran sangat besar (lebih dari 10 m) yang terdiri dari ratusan panel gambar . Secara konviguratif karya ini samar-samar memperlihatkan siluet kelenteng Singaraja yang dalam aransemennya terdiri dari bergam teknik atau genre seni rupa: lukis, drawing, grafis, fotografi, patung, kriya logam, kriya kayu, kriya tekstil, dan kriya keramik. Beberapa panel inset dengan tema serupa disisipkan pada konvigurasi itu. Inset-inset ini semacam penegas atau kutipan ihwal pembacaan kami tentang spiritualitas dan religiolitas Tionghoa Singaraja.
Artefak dan jejak-jejak diwakili oleh satu sosok penting, mahluk mitologis, kilin. Puluhan artefak budaya visual masyarakat Tionghoa Singaraja yang secara kategori bisa dipecah menjadi artefak yang berfungsi untuk kebutuhan vertikal dengan Yang Maha Tinggi dan artefak yang berfungsi juga sebagai garis penghubung secara horizontal dengan sesama mahluk Sang Pencipta. Dipilihnya kilin sebagai wakil puluhan artefak tersebut bertimbang pada nilai dan makna kilin itu sendiri dalam kebudayaan Tionghoa Singaraja.

Susanta menyebutkan ada alasan yang layak dikemukakan dalam esai ini ihwal mengapa dipilihnya kemungkinanan visual repetitif. Pertama, sifat repetitif bisa melahirkan kesan kekhusukan karena perulangannya. Semacam mantra, doa, atau zikir yang setiap saat selalu diucapkan dengan teks dan cara yang sama. Kedua, dipilihnya material gerabah bertimbang pada kemungkinan rasa apresiasi yang dimunculkan oleh karakter bahan. Gerabah yang adalah tanah bisa berkonotasi sebagai bumi, tempat lahir, tempat tumbuh, juga tempat kembali. Niatan yang kami usung adalah nilai dialogisme masyarakat Tionghoa dengan bumi Singaraja. Adanya kesamaan visual gestural kilin dengan singa ambara raja (yang lambang kabupaten Buleleng itu) adalah dialogisme itu. Bisa diduga bahwa dalam sosok singa ambara raja itu ada rembesan teks kilin yang beradumanis dengan sang singa.

Cerita dan Wanana tentulah tentang teks sastra Tionghoa atau tentang kebudayaan Tionghoa dalam sastra Bali. Kontribusi kebudayaan Tionghoa terhadap satra Bali seperti juga yang terjadi dalam sastra Indonesia, sangat berperan terhadap keragaman bahasa ungkap dan tema-tema sastra. Kendatipun kami tidak menemukan semacan genre sastra Tionghoa (di) Singaraja, riset kami menemukan teks sastra lisan dan teks sastra pertunjukan berbahasa Bali yang telah lama menjadi bagian dari identitas atau kosa cerita sastra pertunjukan. Ini menarik karena kontribusi kebudayaaan Tionghoa ini telah mengukuhkan drama gong Banyuning misalnya, menjadi sangat populer pada masanya, antara lain, karena kisah Sampek Eng Tay.

Sebagai sebuah teks sastra, maka kami punya alasan yang terbilang penting dalam pilihan bentuk, genre, dan cara representasi tafsir kami terhadap hasil riset teks sastra itu. Kami memilih perwujudan prasi. Prasi adalah sebuah genre seni rupa tradisional yang di Indonesia hanya dimilikii oleh Bali. Inilah salah satu harta paling berharga dalam seni rupa Bali (baca Indonesia). Prasi yang secara apresiatif menghendaki kedekatan dan keakraban antara apresian dengan fisik prasi itu sendiri dengan jalan apresian bersentuhan langsung dengan fisik prasi juga menjadi alasan dasar wacana (diskursus) dalam pemerolehan pengakuan prasi sebagai kemungkinan salah satu genre seni rupa Indonesia.
Reresentasi prasi yang dipilih juga bertimbang pada cara konvensional menikmati prasi. Cara bacanya, juga diharapkan dilakukan apresian secara konvensional pula. Itu sebabnya ‘ruang cerita’ ini dihadirkan dalam tata display yang ber-Bali-bali. Bukan bermaksud mem-Bali-bali-kan Bali seperti pandangan orientalisme, tapi ini adalah masalah pilihan bahasa visual Bali yang secara ideologis sedang kami pertarungkan untuk bisa diterima di panggung seni rupa Indonesia. Semoga.
Tim prasi ini, seperti tim gerabah kilin memlih kerja kolektif model ‘kerja kelompok campuran’ dimana karakter individu dilebur ke dalam karakter kelompok. Dalam model kerja ini setiap individu harus melenyapkan egosentrisnya: aku menjadi kami.

Potret dan Tokoh bercerita tentang beberapa orang Tionghoa Singaraja yang telah dan sedang memberikan kontribusinya terhadap Singaraja, Bali, bahkan Indonesia. Mereka adalah teladan atas ketenukan mendalami profesinya hingga bukan saja nama mereka yang besar, tetapi juga nama Singaraja, Bali, bahkan Indonesia ikut diangkatnya. Bidang keakhlian mereka beragam mulai dari kuliner, spiritual-ritual, olah raga, hingga fotografi. Kalau kemudian, sekadar menyebut contoh, misalnya orang menyebut Singaraja maka ingatannya terkunci pada siobak, itu tak lain karena ada tokoh peramu kuliner Tionghoa di baliknya.

‘Potret’ sebagaimana maknanya dalam konteks seni bukan sekadar gambaran kemiripan wajah tetapi yg lebih penting dari itu adalah gambaran jiwa si pemilik wajah. Dengan melihat lukisan potret maka terbaca gambaran jiwa si pemilik wajah tadi. Sedangkan makna kata ‘tokoh’ dalah orang terkemuka atau kanamaaan. Jelas potret yang tercover dalam sub tema ini adalah tampang rupa dan jiwa orang kenamaan dari Tionghoa Singaraja. Sesungguhnya jumlah tokoh Tionghoa Singaraja yang layak masuk sub tema pameran ini lebih banyak dari yang disajikan dalam pameran ini. Betapa banyak orang Tionghoa Singaraja yang telah memberikan kontribusinya terhadap Bali dan Indonesia. Tetapi, sebagai mana keterbatasan riset dan terutama kemungkinan penyajian hasilnya, maka terpaksa ada reduksi data yang ketat dalam proses pelaporannya. Tokoh-tokoh yang disajikan dalam pameran inilah yang kemudian terpilih dengan berbagai alasan teknis belaka. Kami misalnya menemukan anak muda kreatif di Bandung yang mumpuni membuat game. Ia orang Tionghoa kelahiran Singaraja. Kami juga menemukan anak muda berbakat dalam bidang sain. Dan banyak lagi.

" Ya keterbatasan teknik pelaporan riset dan terutama kemungkinan penyajian dalam pameran inilah yg membuat kami harus tega memangkas jumlah. Eksekusi visual sub tema ini dipilih berupa esai visual yang dikerjakan oleh sejumlah mahasiswa dan alumni. Displaynya, sesuai dengan kekhasan esai visual dipilihlah model gruping untuk memerlihatkan kerja kelompok gabungan yang memulia karakeristik individu," cetusnya Susanta.(*sjd)

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.