Miniatur Bali Dalam Buku " Matur Suksma "

penggalan buku "Matur Suksma"

Pengembara penulis S. DIAN Andryanto tiadi henti jarinya untuk menulis. Setelah menterbitkan buku tiga sekaligus Empati, Simpati dan Haromoni. Dian kembali menapak tilas perjalanan mengelilingi Bali, Nusa Penida dapat tempat Dian menuangkan esai pendek dengan khas puitis. Sosial masyarakat dan budaya Bali yang kental menyentuh hati sosok Dian menuangkan goresan tulisan penuh makna. Tidak sebatas cerita usang, tapi sosok Dian menyuguhkan kumpulan esai pendek menarik pembaca mengenai Bali secara utuh " miniatur Bali dalam Buku ".

Waktu yang singkat napak tilas yang dilakukan Dian begitu berarti dan mebasuh kerinduan pulau Dewata. Dimana cerita yang disampaikan tidak hanya menginspirasi pembaca melainkan mengedukasi, memperkenalkan Bali kepada halayak luas. Sisi lain Bali dengan gamblang diungkap yang selama ini terlihat, tersirat dan tersurat oleh media. Suara yang nyaris tidak nyaring ditangan Dian mengubah sesuatu itu lebih keras bersuara bahkan melebihi suara jet.

Dalam kesempatan ini Nusa Penida tidak luput disuarakan. Esai Melali Tiga Nusa pembuka tulisan karya Dian tentang Nusa Penida. Keindahan kepulaun Tiga Nusa yakni Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida mempesona dirinya menggoreskan dari perjalanan dari Sanur menuju Lembongan separtan hingga Nusa Penida. Noesa Penida begitu judul esai berikutnya lebih menjelaskan tentang kebudayaan khas sebuah tari yang kemarin festival ditarikan sebanyak seribu penari. Dengan jernih menjelaskan kepada pembaca bagaimana cerita sejarah tentang Tari Jangkang Pelilit. Goa Gala-Gala karya Made Biyasa salah satu karya besar di Lembongan yang telah menyihir siapa saja yang akan berkunjung ke Lembongan. Mimpi besar seorang dalang dan mangku melawan egomoni masyarakat pada waktu itu. Pergolakan jiwanya dengan gagah melawan kebanyakan. Sekarang malah dikenal seantero negeri. Sisi lain, Dian menulis toleransi beragama saling berdampingan satu sama lain.

Matur Suksma kata sering diucapkan tapi penuh makna yang mendalam tidak sebatas kata. Persembahan kecil ditanah para Dewa !!!

SUKSMA

gambar penggalan "Matur Suksma "esai pendek tentang Nusa Penida








Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.