Rumput Laut Lesu, Lembongan Kembangkan Teripang

pengembangan budidaya teripang di Nusa Lembongan (foto/ctc)

LEMBONGAN, Budidaya teripang pasir sangat di cocok didaerah Lembongan. Pasalnya habitat teripang sangat memungkinkan selama ini potensi tersebut tidak digarap maksimal apalagi budidaya rumput laut kian hari menurun drastis.

Potensi budidaya teripang, menurut Ka. UPT Kawasan Koservasi Perairan Nusa Penida I Nyoman Karyawan, kajian sudah dilakukan berkerjasam dengan Badan Pengelola Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar sangat cocok budidaya teripang. Lokasi budidaya tersebut depan mangrove, restocking benih bibit sebanyak 3.000 dilepas enam keramba dengan ukuran 3 x 3. " Budidaya teripang sangat cocok di Lembongan. Kita optimis budidaya bisa berhasil, " ucapnya.

Selain teripang jenis pasir dikembangkan sebetulnya teripang warna hitam sudah ada tapi berkembangbiak lebih lama disamping itu nilai jual rendah. Beda dengan teripang jenis pasir prospeknya lebih menjanjikan. " jenis teripang ini lebih cepat berkembangbiak dalam kurun waktu lima bulan sudah bisa panen," ujarnya.

Ia menyebutkan pembibitan teripang dikelola Kelompok Pengawas Masyarakat ( Pokmaswas) Lembongan sebelumnya sudah didik dan pelatihan mengenai pembibitan teripang selama tiga hari. Berikutnya selain pengembangan teripang juga yang lainya seperti bambu laut. Jenis lebih digunakan sebagai bahan kerajinan. Pasar permintaan pasar di luar negeri teripang sangat tinggi sekali bahkan tamu ingin menjadi investor.

Program restocking teripang pasir oleh BPSPL Denpasar, bantuan benih dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Budidaya Laut setiap bibit dengan panjang benih rata-rata 5 cm. BPSPL juga memberikan bantuan jaring tancap kurung untuk tempat benih sementara.

Ketua Pomaswas Lembongan Ujiana,lesunya budidaya rumput laut, pengembangan budidaya lainya jadi angin segar seperti teripang. Sangat berterima kasih telah dibantu bibit teripang. Jika ini berhasil kita kembangkan lebih banyak lagi. (*sjd)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.