Pura Lebaoh, Aura Spiritual " hening " tempat Meditasi

Pura Lebaoh (foto/buda)


LEMBONGAN, Sebagai daerah pariwisata Lembongan menyimpan pura yang belum dikenal, hanya saja Pura Bakung lebih dikenal. Pura Lebaoh terletak di pulau Ceningan persinya sebelah selatan. Belum ada tahu keberadaan Pura tersebut, sebuah Archa Ida Bhatara Sentani atau Ratu Niang Lingsir meruoakan Ibu Semesta yang bertapa samadhi demi pembebasan semua makhluk khususnya roh roh orang yang sudah meninggal. Terkesan mistik, memang tempat tersebut angker. Sejuah ini, bukti-bukti sejarah belum ditemukan keterkaitan dengan Babad Noesa.

Hal ini disampaikan pengempon pura Made Ayu Diah Indira Virgiastuti, Dewi Sentani adalah energi féminim dari beliau yang berstana di Puncak Mundi. Dulu itu tanah kosong yang dibeli oleh kakek tapi sudah ada pelinggih bebaturan dari batu batu karang disusun, " tuturnya.

Menurutnya, lahan yang dibeli sama kakek sudah begitu, dulu keluarga saya ngga tahu siapa yang melinggih, pemujaan untuk siapa. Pokoknya kita semua ngga ngerti. Warga sekitar tidak mengerti pelinggih batu berundak. Aroma angker diarasakan ketika melintas disana mancing bulu kuduk terasa tegang sehingga warga tidak berani kesana.

Keluarga tidak menghiraukan sampai akhirnya tanda-tanda mulai bermunculan, kerauhan " trance" silih berganti. Tabir keberadaan mulai terkuak permukaan pura dibangun berserta arca pembuatnya daribundagi Tabanan. Penerawangan spiritual, tempat tersebut sebuah kerajaan yang dijaga wong samar.
Diah mengaku belun pernah memberikan informasi, pemedek datang dengan sendirinya tangkil ke pura. Piodalan pura jatuh rahina purnama sasih karo.

Mangku Buda mengatakan Lebaoh berarti lobang roh (siwa dwara) senantiasa akan menawarkan keindahan fatamorgana baik ilusi maupun halusinasi yang akan melahirkan kegelapan dan pencerahan diri tergantung setiap kesadaran individu dalam peoses menelusuri lobang roh sebagai pintu kesadaran.

Lebaoh yang indah panoramanya,sejuk udaranya ,sepi ,tenan dan penuh kedamaian sangat cocokk bagi para penekun meditasi,yoga dan samadhi melalui ritual melukat pembersihan lobang roh ( air suci )dan pembangkitan prana dengan ritual agni puja ( api suci ).(*)

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.