Wisudha Bumi, Awal Prosesi Menjadi Sulinggih

persembahan tari wali dalam upacara wisudha bumi (foto/sukara)


BATUNUNGGUL, Prosesi sebelum menjadi sulinggih Jro Mangku Wayan Sugianta dan Jro Mangku Istri Desak Made Wati dilangsungkan terlebih dahulu penyucian tempat yang akan jadi pesraman atau geria. Penyucian tersebut adalah upacara wisudha bumi, artinya menyucikan tempat rumah menjadi geria.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia I Ketut Manta menjelaskan pro...ses penobatan menjadi seorang sulinggih telah kami lakukan baik dari dukungan pesemetonan dari Nusa Penida khususnya di Batumulapan maupun pesemetonan Dukuh Segening se-Bali. Selama ini pesemetonan dari Dukuh Segening belum ada yang menjadi sulinggih. Dukungan tersebut modal awal Jro Mangku Wayan Sugianta dan istri meyanggupi hal tersebut.

Penting disini, menurutnya kesiapan mental spiritual calon sulinggih, proses itu telah dilakukan. Secara formal upacara diksa paridiksa oleh PHDI Kabupaten Klungkung, puncak mediksa didahului dengan upacara sida raga pada 18 Juli, Anggara, Sasih Kulantir tepat pkl. 00.00 wita. Prosesi sedha raga pelepasan sad dripu dalam diri atau melepas keduniawian atau lebih dikenal penyekeban. Sehabis itu, dilaksanakn upacara diksa sehingga lahir seorang sulinggih yang sebelumnya walaka.(*)

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.