Usia Senja Ida Pandita Saka Sentanu Segening Mengabdikan Diri Pada Masyarakat

Bupati Suwirta menghadiri mediksa Ida Pandita Saka Sentanu Seganing (foto/sjd)

BATUNUNGGUL, langkah matang diimbangi dengan usia, Ida Pandita Saka Sentanu Seganing dari geria Padukuhan Seganing, Batumulapan, Nusa Penida yang baru mediksa sebagai sulinggih. Beliau terpanggil dalam lubuk hati yang tulus mencurahkan diri mengabdikan kepada umat. Sejauh ini pesemetonan Dukuh Seganing belum ada yang menjadi sulinggih, dukungan dan restu pesemetonan baik dari Nusa Penida maupun Bali Beliau memantapkan diri menjadi seorang sulinggih.

" Rangkain upacara mediksa yang pertama wisudha bumi, tahap awal upacara dimana mengubah rumah menjadi geria. Penyucian ini dimaksudkan membersihkan tempat kediaman seorang sulinggih atau lebih dikenal geria. Selanjutnya, upacara sedha raga adalah proses penyucian diri seorang walaka menjadi sulinggih yang dilakukan tepat pada pkl. 00.00 wita hingga pkl.04.00 wita, " tutur Panitia Jro Mangku Septarawan saat ditemui acara mediksa, Selasa (19/7).

Walaka Jro Mangku Wayan Sugianta dan istri Jro Mangku Desak Made Wati sudah menjadi sulinggih dengan gelar Ida Pandita Dukuh Saka Sentanu Segening dan istri Ida Pandita Sudha Padmi Seganing pada rahina Anggara Kliwon Kulantir.

Tahap demi tahap telah dilakukan, mediksa yang disaksikan nabe dari Ida Pandita Dukuh Acarya Daksa dari Geria Pedukuhan Samiaga, Penatih, Denpasar Timur, serta disaksikan oleh PHDI Klungkung, Majelis Alit Desa Pakraman Kecamatan Nusa Penida serta masyarakat.
Dalam kesempatan itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri upacara mediksa dan memberikan ucapan selamat telah menjadi sulinggih.(*)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.