Suwirta Kecewa Bangunan SMP Negeri 4 Nusa Penida Rusak Parah



Didampingi kabag Humas dan Protokol Wayan Parna, Kepala Upt Disdikpora Nusa Penida KomangSumendra, Kepsek SMPN 4 Nusa Penida I Made Komoja, Perbekel LembonganI Ketut Arjaya, Bupati Suwirta tinjau tiap sudut sekolah (foto/Humasklk)

Lembongan (waklaba.blogspot.com)

Dunia pendidikan di Lembongan terbanding terbalik, padahal tempat ini menjadi destinasi andalan Kabupaten Klungkung. Pulau yang terletak di sebalah selatan Pulau Bali, kondisi sekolah terutama SMP Negeri 4 Nusa Penida jauh dari harapan, kurang perhatian dari pihak sekolah untuk menata. Mulai dari taman sekolah yang ditumbuhi pohon - pohon liar, buruknya manajemen sampah sampai kondisi tiap sudut bangunan sekolah yang rusak.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melihat kondisi SMPN 4 Nusa Penida sungguh memprihatinkan, ketika berkunjung ke sekolah tersebut. Kunjungan kali ini untuk memantau jalannya Ujian Nasional Rabu (06/5) kemarin. Bukan karena terjadi kendala dalam pelaksanaan UN, namun akibat kondisi fisik sekolah yang rusak parah dimana mana. Kerusakan yang terjadi bukan saja dikarenakan faktor cuaca dan usia gedung sekolah, namun juga akibat kurangnya perawatan dan perhatian dari pihak sekolah. 

Kepada Kepsek dan guru yangmendapingi, Bupati Suwirta mengungkapkan bahwa dari seluruh sekolah yang pernah dikunjungi di kecamatan Nusa Penida, SMPN 4 inilah yang paling parah. Hampir setiap gedung termasuk yang masih tergolong bangunan baru ada kerusakan dan tak terawat. Bupati Suwirta pada kunjungannya yang terdahulu sempat mewanti wanti untuk menjaga dan merawat serta menciptakan suasana sekolah yang sejuk dan hijau. Namun tampaknya ajakannya itu kurang mendapat respon pihak sekolah. Untuk itu pada kunjungannya kali ini kembali mewanti wanti dan mendorong supaya pihak sekolah peduli dengan lingkungan sekolah dan menganggap sebagai rumah kedua. 

"Saya titip sekolah ini, rawat dan tatalah seperti rumah sendiri, anggaplah sekolah sebagai rumah kedua yang senantiasa dijaga dan dirawat sehingga tercipta suasana sejuk dan nyaman bagi proses belajar mengajar." ujar Bupati Suwirta.

Pihaknya juga menghimbau supaya Kepsek mampu menggerakkan dan meberdayakan seluruh komponen sekolah untuk menata dan merawat sekolah.

Kepsek I Made Komoja yang tampak malu dengan kondisi sekolahnya mengatakan bahwa pihaknya telah melaporkan berbagai keperluan sekolah supaya mendapat perhatian Pemkab Klungkung. Pihaknya akan berupaya untuk memenuhi keiinginan pihak atasan sebisa mungkin.

Sementara itu pelaksanaan UN tingkat SMP di Kecamatan Nusa Penida,khususnya di Lembongan telah berjalan lancar. diikuti oleh seluruh siswa kelas 9 yang berjumlah 118 siswa. Namun salah seorang siswa bernama Sulaksana mesti mengikuti UN dari rumahnya karena kondisinyayang tidak memungkinkan setelah mengalami kecelakaan motor.#SJD

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.