I Ketut Pesta : "Ayo Jadi Investor Di Nusa Penida, Jangan Hanya Retorika Semu"





                                                   I Ketut Pesta 


  Lama sebagai pelaku Pariwisata, Ketut Pesta tidak tinggal diam melihat Nusa Penida dari hari ke hari semakin ramai dikunjungi wisatawan. Setelah ikut ambil bagian dalam promosi Pariwisata di Festival 2014, ia juga terlibat sebagai panitia acara ngeruwat Nusa Penida, lelaki paruh baya ini mulai berancang-ancang membangun fasilitas pariwisata di Nusa Penida . 

Disela-sela kesibukan menulis buku dan pengobat tradisional, Ketut Pesta melontarkan pernyataan bernada menantang beberapa masyarakat Nusa Penida agar Nusa Penida tidak dikuasai orang luar. "Menjaga Nusa Penida agar kita menjadi tuan rumah di daerah sendiri tidak bisa hanya retorika semu. Kita harus turut serta menjadi pemain", ujarnya. 

Ketika ditanya apa langkah-langkah konkret yang ia lakukan? Pemilik Travel Bali Star Club ini mengatakan, dirinya sedang menjalankan sejumlah rencana. "Masih dalam tahap pengurusan izin, lihat saja nanti, sambil tertawa menyiratkan mau memberi kejutan. 

Kalau yang tidak punya dana untuk membangun bagaiamana caranya? dicecar demikian, Pesta menjelaskan dengan serius. "Kita bisa bersatu, melalui sumber daya yang kita miliki, pasti ada kelebihan dan kelemahan masing-masing individu. ada yang punya dana, mereka punya lokasi, ada yang punya lokasi maupun dana SDM nya lemah, inikan bisa saling melengkapi", terang Ketut Pesta yang juga produser lagu Bali ini berapi-api. 

Ketika disinggung tentang dana untuk membangun fasilitas akomodasi pariwisata yang cukup besar, Pesta memberikan solusi agar membuat koperasi. Melalui wadah koperasi itu, kita bisa kumpulkan dana sejumlah tiap orang sejuta. Yang memiliki lebih, boleh lebih banyak. Sehingga dari sekian banyak masyarakat Nusa Penida pasti kita bisa dengan pola koperasi ini", katanya optimis. 

Dirinya mau ikut serta dengan sekuat tenaga sehingga kita bisa menjadi tuan rumah di daerah sendiri tidak hanya kata-kata. Buktinya banyak diantara kita sudah mulai melakukan secara perseorangan. Itu bisa. Semisal Dektra Nusa yang membuat semeton Inn, Putu Darmaya berancang-ancang membuat hotel dan sejumlah fasilitas wisata tanpa harus menunggu investor. 

Walaupun demikian, Ketut Pesta juga tidak menampik Investor itu penting. Bahkan Ketut Pesta berharap Investor diberi kenyamanan berinvestasi di Nusa Penida. Karena tanpa investor lamban suatu daerah maju. Tapi kalau hanya koar-koar anti investor tapi tidak melakukan apa-apa, kita hanya akan menjadi penonton. lakukan langkah nyata, sindirnya. Karena Ketut Pesta yakin Nusa Penida selangkah lagi akan maju.#yansu

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.