Ditenggarai 5 Investor Bodong Di Klungkung, Kantor Penanaman Modal Kordinasi LKPM



Rapat SKPD yang dipimpin Bupati Suwirta jelang JIEXXpo di Kemayoran Jakarta 

Klungkung (waklaba.blogspot.com)


Iklim investasi di Kabupaten Klungkung mulai kondusif. Buktinya pengajuan investasi yang di Kantor Penanaman Modal Pemerintah Kabupaten Klungkung terlihat meningkat. Jumlah peningkatan penanaman modal asing ( PMA ) tahun 2014 sebanyak 10 PMA dengan nilai investasi US$ 211.858.111 . Sedangkan  pertumbuhan dari Penanaman Modal Dalam Negeri senilai Rp. 512.625.000.000,-

Kepercayaan investor mananamkan modalnya di Kabupaten Klungkung dipicu oleh tingkat kepercayaan akan kepemimpinan Bupati I Nyoman Suwirta yang berkomitmen membangun infrastruktur di Klungkung, juga karena penataan birokrasi yang transparan, akuntable, cepat dan bersahabat.

Selain faktor tersebut,  pemicu pertumbuhan tingkat Investasi di Klungkung adalah pengurusan perijinan yang prosedurnya jelas dan tidak berbelat-belit. Misalnya di Kantor Penanaman Modal kini menggunakan dengan cara online www.bkpm.go.id yaitu sistem pelayanan Informasi dan perijinan investasi secara elektronik yang disebut SPIPISE. Dengan sistem ini memudahkan investor pengurusan izin secara online dari rumahnya dan menghindarkan praktek percaloan.

“ kini pada tahun 2014 kita telah menerbitkan 6 dokumen ijin prinsip. Tahun 2015 di bulan April angka ini melonjak 32 dokumen ijin prinsip”, jelasnya Ida Bagus Jumpung Kepala Kantor Penanaman Modal, Selasa (12/5).

Pada 13 sampai 15 Mei 2015 mendatang Kantor penanaman Modal untuk menggenjot peningkatan investasi di Klungkung, bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah Klungkung (Dekranasda), Perusahaan Daerah Nusa Kertha Kosala dan dinas terkait mengikuti AITIS 2015. 

AITIS adalah Apkasi (Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia) International Trade and Ivestment Summit atau Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia mengadakan pameran perdagangan international dan investasi tingkat tinggi.  AITIS akan diadakan di JIEXXpo Kemayoran Jakarta yang melibatkan pemerintah Kabupaten, Kota, Provinsi, BUMN, Perusahaan Sawasta dan Asing bertaraf international.
Acara AITIS ini tentunya sangat strategis dalam mempromosikan semua potensi yang dimiliki Kabupaten Klungkung. Potensi Pariwisata, Perikanan, Peternakan dan Kelautan, Pertanian dan perkebunan serta potensi kerajinan Khas Klungkung. 

“ Tampilkan potensi Kabupaten Klungkung secara utuh melalui pameran berbasis multimedia, miliki tujuan yang jelas yang didepan mata yaitu potensi pariwisata baik di Nusa Penida maupun di Klungkung daratan”, ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di ruang kerjanya ketika melepas rombongan Kantor Penanaman Modal dan team ke Jakarta mengikuti AITIS.

Tentunya pertumbuhan investasi di Klungkung bukan tanpa kendala. Faktor anggaran di Penanaman Modal yang minim menjadi hambatan utama. Padahal  kegiatan di kantor penanaman modal cukup banyak. Mulai kegiatan pendataan, pengawasan ijin prinsip dan kegiatan promosi semacam AITIS ini yang memerlukan dana tidak sedikit. 

Selain kendala dana, jumlah penanaman Modal yang ditenggarai bodong atau tidak berijin cukup tinggi. “Sampai Desember 2014 ada 5 PMA dari 40  yang tidak pernah melaporkan kewajibannya berupa Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) ke kami”. Kelima PMA sudah kami peringatkan secara tertulis berkoordinasi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, ungkap Ida Bagus Jumpung Kepala Penanaman Modal Klungkung.

Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.