Dihadiri Anggota DPR RI Gde Sumerjaya Linggih, Bupati I Nyoman Suwirta Berganti Baju di Acara Talkshow JCI Semarapura. Ada Apa?



Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memnuka talkshow 
 
Klungkung (waklaba.blogspot.com)

Acara Talkshow JCI Semarapura digelar di gedung Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, talkshow yang diselenggarakan JCI Semarapura. Bertemakan "Aplikasi Empat Konsensus Dasar Negara Untuk Meningkatkan kualitas Diri Dalam Rangka Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) 2015” talkshow ini berjalan dengan dinamis, Minggu (24/5).

Dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, anggota DPR RI Komisi VI Gde Sumerjaya Linggih, Presiden JCI untuk Indonesia Ida Bagus Agung Gunarthawa sebagai pembicara kunci. Dipandu I Wayan Sukadana pimpinan Perusahaan Daerah Nusa Kertha Kosala selaku moderator talkshow diberi joke-joke segar.
Tampak pesertanya beberapa guru-guru, dari perwakilan kepolisian, perwakilan dari Disdikpora, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, KONI Klungkung, Pasemetonan Jegeg Bagus Klungkung, para Siswa, Sekehe Teruna, Nusa Penida Media, Forum Krama Muda Nusa Penida dan perkumpulan seniman Klungkung.
Dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, laporan ketua local Prseiden JCI Cokorda Anom Bayu Sadyasmara, diserahkan pula hadiah bagi para pemenang lomba Futsal yang diadakan JCI tempo lalu. 


Kemudian talkshow dibuka dengan sambutan langsung oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Dalam sambutannya I Nyoman Suwirta berharap agar acara yang digagas oleh Junior Chamber International Indonesia chapter Klungkung melahirkan agen-agen perubahan yang dimotori anak-anak muda.

“Melalui acara ini harus bisa melahirkan change maker yaitu agen-agen perubahan. Agen perubahan yang memiliki fanatisme terhadap Klungkung. Caranya sederhana jangan mengatakan Klungkung itu sepi kalau penyebab sepinya kita sendiri yang meninggalkan Klungkung. 

Mari bersama kami membangun Klungkung. Saya punya banyak rencana yang akan membuat Klungkung itu ramai. Saya punya banyak rencana untuk anak muda Klungkung. Itu sudah saya mulai melalui Festival semarapura, Festival Nusa Penida, Car Free Day dan HUT Klungkung, ujar Bupati.

Setelah memberi sambutan, Bupati Klungkung meninggalkan ruangan karena menghadiri dua acara didua tempat. Namun demikian ia berjanji kembali lagi memberi motivasi kepada anak-anak muda. 

Kemudian pada sesi berikutnya Gde Sumerjaya Linggih memberikan motivasi kepada para peserta talkshow. Motivasi Demer sebutan Gde Sumerjaya Linggih yang ia sampaikan sebagai inti sari pengalamannya sebagai pengusaha maupun politisi.

“Mengapa banyak teman-teman anda yang pintar tidak berhasil? Malah ada yang nakal banyak yang berhasil? Menurut pengalaman saya itu karena proses belajar itu tidak saja di sekolah. Mungkin yang nakal banyak belajar di luar sekolah melalui berbagai wadah dan media. Ada 4 tips agar bisa meningkatkan kualitas diri yaitu learning (belajar), observating (mengamati media dari TV dan Koran), Experience (pengalaman) dan Menthoring (belajar langsung ke para menthor yang sudah berhasil)”, ujar Demer. 

Sumerjaya Linggih juga mengatakan untuk memulai usaha, modal uang bukan satu-satunya. Diantaranya Capital Sosial (networking pertemanan), capital Financial (modal dana),Capital Intelektual (kecerdasan) dan Capital Spiritual (kejujuran, ketekunan dan semangat lainnya. Anak-anak muda tidak boleh takut pada MEA, katanya.

Sedangkan Ida Bagus Agung Gunarthawa menyampaikan bahwa Junior chamber International adalah organisasi yang mewadahi anak-anak muda di 127 negara yang sudah berumur 100 tahun. “JCI adalah wadah organisasi International yang memiliki jaringan international. 

Sehingga JCI bisa menjadi menjadi tempat untuk belajar menjadi pemimpin dan tampa sulit membangun jaringan dibadingkan cara konvesional. Karena JCI sudah menyediakannya. Terlebih JCI memiliki semangat “create positive change” yang membuat semangat perubah kearah positif, terang Ida Bagus Agung Gunarthawa. 

Pada sesi diskusi peserta banyak menanyakan bahwa sosialisasi MEA minim, sehingga persiapan kita menghadapi pasar bebas ditingkat Asean ini juga kurang. Ditanya demikian para narasumber memberi tips untuk meningkatkan kualitas diri harus bisa memperkaya local genius. 

Perkuat seni budaya dan keunikan yang tidak dimiliki Negara lain. Karena Pancasila, NKRI, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika adalah konsesus kesepakatan bangsa kita yang tidak boleh pudar karena ada kesepakatan diantara Negara Asean pada MEA ini.

Ketika sudah jam 12.00 Wita Bupati I Nyoman Suwirta datang kembali ke ruangan. Karena sudah siang Bupati menyemangati peserta bernyanyi lagu “rumah kita” dari God Bless. Menariknya tadi pada awal membuka acara Bupati Klungkung ini berbaju kotak-kotak, sekembalinya ia berbaju hijau yang berisi logo BPD Bali. 

Nampaknya pergantian baju tersebut karena Bupati sekembali mengikuti kegiatan CSR pengobatan gratis di Besang oleh BPD. Sekembali Bupati walaupun sudah siang, malah pertanyaan makin menohok dan agresif, diluar tema yang dibahas.
Misalnya dari klub Bola basket Kijang mempertanyakan fasilitas olahraga yang dikenai sewa, terkait pengiriman atlet yang terkesan tidak adil dan pertanyaan tentang bagaimana pembangunan Infrastruktur di Nusa Penida mengemuka tertuju ke Bupati.

Menjawab sejumlah pertanyaan sedemikian Bupati dengan gamblang mengatakan telah memiliki sejumlah rencana. “Pembangunan lapangan bola basket, lapangan bola volley dan tempat skate board tahun ini realisasinya, sedangkan terkait pengiriman atlet dan sewa Gor Bupati akan mendalaminya dan berkoordinasi dengan KONI dan Disdikpora. 

Terkait pembangunan Nusa Penida, Bupati Suwirta menerangkan tahun ini akan ada study larap tentang jalan lingkar Nusa Penida. Untuk jalan existing akan diaspal Cold Mix baik Nusa Gede Ceningan, Lembongan dan Jungut Batu dengan dana hampir 30 Milyar, ungkap Suwirta.



Sementara kegiatan Safari Kesehatan BPD Bali Cabang Klungkung bagi Masyarakat, dalam rangka HUT BPD Bali di adakan di Desa Besan Kecamatan Dawan. “ kegiatan ini sebagai bukti kepedulain kita terhadap masyarakat. Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah ikut berpartisifasi mensukseskan kegiatan ini, “ ujarnya Kepala BPD Bali Cabang Klungkung Ida Ayu Tri Rasmiwinari,SE.MM.

Warga sangat antusias mengikuti kegiatan safari kesehatan, ini terbukti jumlah warga yang antre. Dari keterangan dokter, kebanyakan warga mengeluhkan asam urat. Pelayanan ini juga memeriksa kadar gula darah. “ Terima kasih juga  atas kehadiran Bapak Bupati Klungkung yang ikut turun langsung dan mensupport kegiatan-kegiatan BPD Bali, “ imbuhnya.#sjd

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.