Tari Baris Gede, Spirit Kebersamaan

Tari Baris Gede 


BATUNUNGGUL, Seni merupakan nafas Bali. Salah satunya seni tari, seni ini beraneka ragam banyak mulai tari sakral atau hiburan. Tari Baris Gede adalah tari sakral yang sering dipentaskan saat upacara piodalan di Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul.
Saat upacara ngedegang, tari baris gede jadi pelengkap. Tombak sebagai senjata menandakan bahwa tari tersebut mengajarkan selalu pikiran menjadi senjata mengarungi kehidupan yang keras.

Hal ini disampaikan Mangku I Dewa Gede Beneng Alit, tari wali Baris Gede sebagai sarana upacara. Tari ini mengajarkan kita mengarungi kehidupan melalui pikiran sebagai senjata.

Dia lebih menjelaskan tari tersebut spirit semangat dan selalu berpikiran jernih dalam situasi apapun. Contoh saat panik pikiran kalut membawa kita gelap tidak jelas tau arah kemana, dalam artian bahwa ketenangan jernih berpikir dalam sesuatu bisa teratasi.

" Saya berharap semua krama selalu menekankan kejernihan dan menyame beraya jadi senjata mempererat persaudaraan," tuturnya.

Oleh ; Santana Ja Dewa


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.