Bersorak, Mahkota Raja Klungkung Berhasil Dibuka

mahkota Raja Klungkung masih bagus meski tersimpan puluhan tahun (foto/humasklk)

KLUNGKUNG, Mahkota Raja Klungkung berlabis emas dan permata tersimpan di UPT Museum Semarajaya selama 27 tahun silam. Tersimpan sebuah brangkas baja berhasil dibuka paksa, sebelumnya kode kombinasi tidak diketahui.

Dipimpin langsung  Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Wabup Made Kasta, Raja Klungkung Ida Dalem Semaraputra dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata I Wayan Sujana di Museum Semarajaya yang sekaligus Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Klungkung.

Awalnya, Bupati Suwirta dan Wabup Made Kasta yang disaksikan Ida Dalem Semaraputra secara bergiliran mencoba membuka brankas tersebut dengan memasukan berbagai kode angka kombinasi, namun selalu gagal. Karena lama tidak membuahkan hasil, kotak brankas itu akhirnya dibuka paksa dengan bor oleh para ahli kunci. Begitu brankas berhasil dibuka, seluruh orang yang hadir menyaksikan proses itu langsung bersorak ketika melihat mahkota raja Klungkung.

Silauan warna kuning, terpancar keagungan mahkota Raja Klungkung masih bagus.

“ Mahkota yang tersebut merupakan replika yang dibuat pada tahun 1994 dijaman Bupati Tjokorda Gede Agung  di Desa Kamasan Klungkung. Mahkota yang terbuat dari emas ini juga dihiasi beberapa biji batu merah delima. Sedangkan mahkota raja Klungkung yang asli saat ini tersimpan di Museum Nasional Jakarta. Atas perintah Bupati Suwirta, untuk sementara Mahkota ini selajutnya disimpan di Polres Klungkung demi faktor keamanan, “ terang Kadisbudpar I Wayan Sujana.*SJD


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.