Bedah Desa, Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Bupati Klungkung blusukan bedah desa di Suana (foto/SJD)

SUANA, Klungkung salah satu Kabupaten di Bali memiliki wilayah kepulauan. Nusa Penida terpisah Selat Badung paling terbanyak memiliki warga miskin ketimbang kecamatan lainya. Mengentaskan kemiskinan Nusa Penida terbentur data belum akurat KK miskin. Tidak hanya warga miskin, anak putus sekolah dan warga cacat tidak pasti jumlahnya.

" bedah desa salah cara mendata langsung ke masyarakat dimana jumlah KK miskin yang layak mendapatkan bedah rumah atau yang belum sekali mendapatkan bedah rumah, tidak bergutat itu aja warga cacat. Tingkat buta huruf sangat banyak dan anak putus sekokah. Saya tidak menyasalahkan siapa, tapi melalui bedah desa yang dimulai start di Desa Suana kita membedah langsung permasalahan yang dihadapi desa sehingga benar-benar bermanfaat bagi masyarakat, ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat bedah desa Suana didampingi Kadis Sosial, Transmigrasi dab Tenaga kerja I.B. Anom Adnyana, Kadisbudpar I Wayan Sujana dan Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, Jumat (14/1) kemarin.

Blusukan di Desa Suana pkl. 11.00 wita sampai larut malam pkl.22.00 wita meliputi 4 dusun diantaranya Dusun Semaya, Suana, Karangsari, Kelemahan dan Celagilandan.

Lebih lanjut, Suwirta mengatakan kegiatan ini untuk mengambil langkah dengan data yang pasti mengentaskan kemiskinan di Klungkung khususnya di Nusa Penida melalui berbagai program, badah rumah, kejar paket bagi anak putus sekolah, masyarakat butu huruf dan pemberdayaan masyarakat.

Kondisi di lapangan terkait masalah sosial yang dihadapi desa di tahun 2017 menganggarkan secara pasti program kemasyarakat dan tepat sasaran. Dari menyusuri Desa Suana, Bupati asal Ceningan menambahkan banyak permasalah yang ditemukan yang nanti diprioritaskan, tahun kita start awal membedah desa dari permasalahan yang diadapi, harapannya dari tahun ke tahun permasalah ini bisa menekan angka kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup mereka, sementara desa lainya segera dibedah, " terangnya.

Oleh ; Santana Ja Dewa


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.