Sejak Dini Siswa Dikenalkan Kawasan Koservasi

sosialisasi kawasan koservasi menyasar anak sekolah (foto/SJD)
 
Nusa Penida  (waklaba.blogspot.com)

Nusa Penida adalah salah satu gugusan pulau yang mempunyai terumbu karang bagus. Terumbu karang inilah yang menarik perhatian wisatawan yang datang ke Nusa Penida. Tetapi, baru-baru ini terumbu karang di Jungutbatu mengalami kerusakan. Penyebabnya, kurang kesadaran baik pelaku maupun tamu yang daiving tidak memperhatikan kode etik penyelaman.

Kepala UPT. KKP Nusa Penida I Komang Karyawan saat sosialisasi beberapa waktu lalu di SMP Negeri I Nusa Penida mengatakan memperkenalkan sejak dini keberadaan KKP kepada siswa guna memberikan pemahaman lebih rinci. 

Kegiatan ini sudah dilakukan sebelumnya di SMK Negeri I Nusa Penida sekarang di SMP Negeri I Nusa Penida. “ nantinya  semua sekolah tingkat SMP kita sasar, “ katanya saat ditemui di kantornya,  Senin (15/6/2015).


Materi yang diberikan mulai dari terumbu karang , hayati laut dan pelestarian penyu. Sosialisasi menggandengan Coral Triangle Center dan Yayasan Penyu.
Baguslah. Artinya saya mengapresiasi kegiatan itu, bagaimanapun konservasi ini penting tidak hanya untuk bagi pelaku pariwisata dan nelayan jadi siswa pun juga perlu mengetahui pentingnya kawasan koservasi, “ ujar Kabid Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Kabupaten Klungkung Nyoman Dharma, SH.

Dia mengatakan sosialisasi ini dimaksudkan agar lebih dini anak mengenal kawasan koservasi yang nantinya bisa memberi tahu teman-teman yang lainya akan pentinya kawasan koservasi. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekali saja tapi secara berkelanjutan.“ harapanya KKP Nusa Penida bisa diketahui semua lapisan masyarakat guna mencegah prilaku merusak terumbu karang atau hayati laut lainya, “ pinta Dharma.

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri I Nusa Penida I Putu Indrajaya menyambut dengan baik serta meapresiasi kegiatan ini guna memperkenalkan sejak dini tentang kawasan perairan Nusa Penida. Menambah pengetahuan siswa , membantu pihak sekolah memperkenalkan lebih dini pentingnya menjaga kawasan perairan serta menjaga keberadaannya.

Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.