Pendataan Situs Peninggalan Di Nusa Penida



sosialisasi pendataan cagar budaya di Nusa Penida (foto/SJD)

Batununggul  (waklaba.blogspot.com)

Klungkung salah satu pusat kerajaan jaman dulu, banyak menyimpan berbagai peninggalan baik berupa Pura maupun yang lainya.  Keberadan pura tersebar di pelosok-pelosok desa hingga di Nusa Penida.  Satu-satunya kecamatan di Kabupaten Klungkung berada di seberang pulau.

“ kita kerja sama semua pihak baik Bendesa serta Perbekel di Nusa Penida agar mendaftarkan keberadaan situs baik itu Pura atau peninggalan yang lainya. Khusus untuk Pura harus dilengkapai dengan Purana ( lontar,red ) dan bangunan tersebut minimal 50 tahun keatas, “ ujar Kabid Bina Budaya Disbudpar Klungkung  Drs. Ida Bagus Bayu Pati Putra, Senin (22/6/2015) saat di temui di Nusa Penida.

 Dia menyampaikan semua data yang masuk terlebih dahulu dindenfikasi , klarifikasi ulang yang  akan disampaikan ke Dinas Kebudayaan diteruskan ke Balai  Pelestarian dan Cagar Budaya. Sosialisasi sudah dilakukan diberbagai kecamatan, Nusa Penida paling terkhir.

“ kajian tim ahli yang akan menentukan lolos atau tidaknya, “ tutur Putra.

Lebih lanjut, dia berharap kepada Bendesa dan Perbekel pendataan situs peninggalan lebih awal disetorkan ke Dinas. Menggali beberapa  situs yang ada peningggalan di Nusa Penida. Tahapan mekanisme yang dilalaui nantinya sesuai dengan UU No 11 tahun 2010, Pemerintah Daerah mendata, Pengembangan serta pelastarian situs peninggalan.

Menurut  I Dewa Ketut Tayanegara, sebagai negara yang lama dijajah Belanda dan Jepang, Nusa Penida menyimpan berbagai peninggalan.  Sebut saja Gumbleng sebagai penyimpan air hujan banyak ditemui dibeberapa Desa. Goa Jepang, sisa kapal yang karam, sementara pabrik pembuatan kapur kebetulan berada di Desa Pakraman kami layak diusulkan sebagai cagar budaya, “ harap Bendesa Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul.

Oleh : Santana Ja Dewa


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.