Anak Yatim Terbang ke Jepang







Kadisdikpora Klungkung, Nyoman Mudarta saat mengantar Gede Sutirta pamitan sekaligus mohon doa restu kepada Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta (foto/humasklk).



Klungkung (waklaba.blogspot.com)

Satu lagi siswa di Klungkung mengukir prestasi dan maju ke tingkat Internasional. Gede Sutirta (18), siswa SMAN 1 Banjarangkan yang berhasil lolos empat besar tingkat nasional dalam lomba pidato bahasa Jepang dan siap dikirim ke Jepang selama dua minggu.

Kadisdikpora Klungkung, Nyoman Mudarta mengatakan siswa ini akan berada di Jepang selama dua minggu untuk mempelajari kebudayaan dan kehidupan masyarakat disana,” ujar Mudarta, Rabu (17/6/2015).

Kepsek Putu Suardi menambahkan, siswa tersebut sejatinya tahun ini sudah mengakhiri pendidikan di sekolah. “ Tahun ini dia tamat sekolah,” selama mengikuti pendidikan di SMAN 1 Banjarangkan Gede Sutirta memiliki sejumlah prestasi. “ Semoga nantinya ini bisa menjadi tauladan bagi adik-adik kelasnya,” ujar Suardi.

Siswanya, menurut Sunardi dia (Gede Sutirna,red)  ini berangkat ke Jepang setelah memenangkan lomba dan menjadi empat besar dalam lomba pidato bahasa jepang bagi siswa SMA tingkat nasional tahun 2015. “Dia berangkat ke Jepang selama dua minggu melalui program “ The 2015 Japanese-Language Program for High School Student” yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation Japanese-Language Institute, Kansai di Jepang, tanggal 18 Juni hingga 2 Juli 2015,” terangnya.   

Gede Sutirta menceritakan awal kecintaannya pada bahasa jepang. Sejak awal atau setamat SMP, dirinya bercita –cita ingin bekerja diluar negeri. “Karena baru masuk SMA belum penjurusan, saya terpaksa belajar bahasa jepang sendiri,” ujarnya. Melihat ada peluang untuk lomba, dirinya memberanikan diri ikut lomba tersebut, meski pada awalnya terlintas dibenak anak yatim piatu ini keragu-raguan mengikuti lomba. “Saya sempat ragu ikut lomba karena sebagai anak desa,” tuturnya.

Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta mengaku bangga akan prestasi anak didik di Klungkung. Bupati menyampaikan selamat atas keberhasilan putra Klungkung menjadi salah satu duta ke tingkat Internasional ,” ujar Bupati Suwirta. #SJD

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.