Musim Liburan Tiba, Kerthagosa Ramai Dikunjungi Siswa



kerthagosa ramai dikunjungi hingga bus parkir di depan kantor Bupati Klungkung (foto/Yansu)
Klungkung (waklaba.blogspot.com)

Liburan sekolah mulai tiba. Sejak 13 Juni 2015 sampai sebulan penuh siswa akan libur. Liburan sekolah kali ini menjadi waktu luang para siswa. Ada yang mengisi waktu luang untuk berlibur dengan tamasya, kemah, adapula berlibur dengan mengisi kegiatan pendidikan. Misalnya kegiatan pergi ke tempat-tempat bersejarah.

Demikian pula tempat bersejarah di Klungkung, tepatnya Kerthagosa. Pantuan di lapangan nampak sekitar 10 Bus ukuran besar parkir didepan Kantor Bupati sampai ke depan Monumen Klungkung . Sedangkan penumpangnya yang rata-rata siswa berkunjung ke Kerthagosa, Selasa (16/6/2015).

Para Siswa ini sepertinya masih SD. Terlihat dari seragam yang mereka kenakan. Para siswa dengan rasa ingin tahu yang besar melihat langit-langit Kerthagosa yang berlukiskan wayang Kamasan. Selain melihat-lihat berbagai obyek disana, tak lupa mereka juga terlihat mengabadikan obyek tersebut dengan camera ponsel yang mereka bawa. Sesekali mereka memotret dirinya atau berfoto bersama.
Kerthagosa merupakan kawasan bersejarah Kerajaan Klungkung pada abad XVIII yang berada ditengah-tengah kota semarapura. Kerthagosa dulunya tempat pengadilan bagi mereka yang diduga bersalah. Ini nampak dari kursi sidang yang terletak disalah satu pojok kerthagosa. Selain nilai sejarah tersebut, dipilihnya Kerthagosa sebagai tempat berkunjung siswa karena unsur pendidikan dari cerita lukisan wayang kamasan. 

Lukisan Wayang Kamasan yang ada didinding Kerthagosa menceritakan cerita Ramayana, Atma Prasangsya (hukuman kehidupan jiwa setelah meninggal) dan Cerita Tantri. Cerita-cerita ini memiliki filsafat yang tinggi dan baik bagi para siswa. Konsep Edutaiment yaitu belajar sambil menghibur tepat bila berlibur ketempat-tempat yang memiliki unsur pendidikan.

Menurut Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Klungkung Drs. I Wayan Sujana mengatakan jumlah kunjungan meningkat seriring promosi yang dilakukan Pemerintah Klungkung melalui event Semarapura Festival beberapa bulan lalu menjadi pemicu meningkatnya grafik pengunjung. Dari bulan Januari – Mei 2015 jumlah pengunjung sebanyak 13.528. Wisman sebanyak 11.967 & anak-anak sebanyak 237. Sementara kunjungan wisatawan domestic 1.105 & anak-anak 219, “ jelasnya.

Dia mengatakan saat musim liburan kali ini dari kemarin, nampak didominasi kalangan pelajar. “mudah-mudahan kunjungan terus mengalami tren positif, “ harap Sujana.

Oleh : Santana Ja Dewa/Yansu


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.