Masyarakat Dukung Penuh Jalan Lingkar Nusa Penida





 pembahasan study larap jalan lingkar Nusa Penida (foto/hu
masklk)

Klungkung (waklaba.blogspot.com)

Rencana Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui kerjasama dengan Universitas Udayana Denpasar  terkait Perencanaan  Pembanguna jalan lingkar Nusa  Penida.

Dari  Tim study Larap (Land Acquistion and resettlement action plan) menyampaikan Konsep Pemilihan Trase perencanaan dan persiapan pembangunan jalan Lingkar Nusa Penida dengan lebar 20 Meter. Dengan Lokasi jalan lingkar Selatan dan barat melewati  5 Desa atara lain : Desa Toyepakeh, Bunga Mekar. Batukandik, Batumadeg dan Sekartaji. Sementara jalan lingkar Ibukota Kecamatan (IKK) melewati Desa Batununggul dan Kutampi Kaler.

Dari Sasaran Utama Studi Larap menggambarkan kondisi Sosial Ekonomi sebelum pengadaan tanah. Menyerap aspirasi ke bawah, tanggapan penduduk tentang Proyek dan kompensasi yang akan di berikan terhadap pemilik lahan memberikan ganti rugi. Ada juga beberapa masyarakat yang merelakankan tanahnya  dalam pembangunan jalan lingkar. Proyek ini memiliki konsep berlalu lintas yang nyaman dan aman tidak membelah pemukiman. Jarak 300 s /d 1000 meter dari pantai, di luar kawasan padat penduduk.  Tidak memindahkan pura atau tempat Ibadah & tidak bertentangan dengan filosopi Tri Manala.

Dari hasil tim kajian sosial, ekonomi dan budaya agar mengetahui persepsi masyarakat terkait dampak sosial ,budaya yang telah di lakukan Fokus Group Discusdion (FGD 2/11/ 2014 yang lalu. Dari aspek sosial budaya diketahui bahwa masyarakat Nusa Penida setuju dan mendukung penuh rencana pembangunan jalan lingkar Nusa Penida, masyarakat berharap agar segera terialisir, karena dapat mempercepat pengembangan pariwisata, sedangkan bentuk kompensasi yang diinginkan berupa ganti rugi, dan dengan musyawarah mufakat, “ ujar bupati Nyoman Suwirta, Jumat (19/6/2015).

Bupati Suwirta minta agar seluruh administrasi serta tahapan prosedur dapat segera dipenuhi demi percepatan realisasi jaalan lingkar ini. Bupati Suwirta juga menyampaikan kepada semua Tim Pelaksana agar jangan ada yang merasa takut untuk bekerja, saya minta agar bekerja sesuai dengan aturan yang ada dan tidak ada kepentingan dalam proyek jalan lingkar ini, begitu juga dengan Tim Study Larap ini agar bekerja dengan maksimal. #SJD

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.