Ayu Suwirta : Jaga Identitas dan Kekhasan Kerajinan Klungkung




Jakarta (waklaba.blogspot.com)

Berlokasi di Gedung Smesco Jakarta diadakan Perayaan Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional Rabu, 3/6/2015. HUT Dekrnas ini dihadiri ketua dan pengurus Dekranas Daerah seluruh Indonesia. Ketua Dekranas adalah Ibu Negara dan di Daerah biasanya istri Gubernur, istri Bupati dan istri Walikota. 

Perayaan HUT Dekranas yang jatuh setiap 22 Maret, ditahun 2015 ini HUT ke 35. Pada HUT Dekranas ke 35 ini diadakan pameran kerajinan yang melibatkan kerajinan unggulan setiap daerah. Selain itu pada 4 Juni s/d 5 juni 2015 diadakan musyawarah Nasional yang membahas tentang anggaran dasar dan anggaran Rumah tangga Dekranas.

Nampak hadir dalam perayaan HUT kali ini adalah Nyonya Jusuf Kalla. Menteri UMKM A.A. Puspayoga, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel berserta para tamu undangan. Dari Dewan kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Klungkung nampak hadir Ketua Dekranasda Nyonya Ayu Suwirta, Plt. Sekretaris Dekranasda I Wayan Sukadana dan Bendahara Ida Ayu Ketut Sutiksnawati. 

Untuk pameran yang semua pengerajin Kabupaten di Bali, menjadi satu dengan stand Pameran Dekranasda Pemerintah Provinsi Bali. Pengerajin dari Kabupaten Klungkung diwakili pengerajin Rangrang Ni Wayan Muryani. Stand Pameran Bali ini nampak ramai dikunjungi para pengunjung karena posisinya yang strategis dengan lift menuju acara HUT dan produknya yang memang digemari.

Ketika dikonfirmasi kepada Ketua Dekranasda Klungkung terkait keterlibatan Dekranasda Klungkung, Ayu Suwirta mengatakan bahwa kita bisa membandingkan tingkat keberagaman hasil kerajinan yang beraneka ragam dari seluruh daerah di Indonesia. Sehingga untuk itu persaingan punsangat ketat. 

"Kedepan persaingan produk semakin ketat, harapannya pengerajin di klungkung menjaga identitas dan kekhasannya. Seperti produksi rangrang harus memakai pewarna alami yang tidak luntur, sehingga usaha ini digemari secara berkelanjutan tidak sebentar booming dan hilang, ingatnya.#sjd

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.