Harga Rumput laut Terjun Bebas, Petani Menjerit



petani mengeluhkan harga turun (foto/yansu)
 
Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Nampaknya perlambatan ekonomi global sudah mulai terasa sampai kepelosok. Buktinya di Pulau Nusa Penida harga rumput laut mulai merosot. Dari harga rumput laut Catoni yang semula Rp. 10.000,- perkilogram kini harga rumput laut ditingkat petani cuma Rp. 8000,- . 

Hal ini mengingat rumput laut adalah komoditi ekspor, menurunnya ekonomi global meyebabkan turun pula pembelian barang-barang ekspor. Seperti diketahui rumput laut Nusa Penida yang memiliki kualitas jelly bagus diekspor ke Jepang dan Cina melalui sejumlah ekportir di Surabaya.

Menurunnya harga rumput laut ini dikeluhkan masyarakat Dusun Semaya Nusa Penida. Warga Dusun Semaya yang mayoritas penduduknya mengadalkan mata pencaharian rumput laut tidak berdaya karenanya. Belum usai cuaca tidak menentu yang membuat rumput laut rontok, kini mereka dihadapkan pada harga yang malah anjlok.

"Harga rumput laut kini hanya Rp. 8000,- perkilogram. Padahal baru 2 hari lalu harganya Rp. 10.000,- , ungkap Men Pur sambil menjemur rumput laut Senin, (8/6/2015). I Ketut Jagra yang ada disampingnya membenarkan harga rumput laut turun. "Saudagar rumput laut kini menghargai Rp. 8000,- itupun tidak semua mencari. Padahal akan menjelang hari Raya Galungan, jelasnya getir.

Di Desa Lembongan juga mengalami hal sama, Petani Rumput laut I Wayan Suarbawa mengatakan kondisi cuaca menjadi pemicu penyebab merosot produksi rumput laut. “ ya , begitulah jadi petani sangat sulit harga itu stabil, “ berangnya.

saya pelaku petani rumput selalu mensyukuri anugrah yang ada. Apa lagi bulan skarang bulan ini, ombak besar mengakibatkan bulung hancur, patok telah bungkah, penyebab rumput laut mati. Dia  mohon kepada pihak semua bagaimana biar harga stabil?, “ Jerit I Kadek Sugiarta petania asal Dusun Batu
mulapan.

Sementara di tempat terpisah pengepul I Wayan Murka mengatakan memenga harga rumput laut lagi terjun bebas. Hal ini disebabkan factor cuaca panas sehingga kualitas rumput laut menurun dan produksinya. Harga rumput laut sesuai dengan kadar air dan jenisnya, spenusum dari 8.000-10.000 sesuai kadar air itu harga di petani sementara jenis katoni 10.000. Harga BBM tidak menentu menjadi pemicu harga. #sjd





Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.