Piodalan Pura Lebaoh Dipuput Dua Sulinggih


Pura Lebaoh, Nusa Ceningan (foto/diah)


LEMBONGAN, Nusa Penida aura spiritual sangat kental ketika menginjkan kaki. Dikenal sebagai daerah spiritual pura yang selama ini pemedek kunjungi seperti Pura Pentaran Ped, Puri Giri Putri, dan Pura Puncak Mundi masih banyak pura yang belum dikenal masyarakat luas salah satunya Pura Leboah. Pura yang terletak di pulau Nusa Ceningan, Desa Lembongan. bertepatan hari purnama sasih karo Pura Lebaoh gelar piodalan, Selasa (17/8) kemarin.

Belum ada tahu keberadaan Pura tersebut, sebuah Archa Ida Bhatara Sentani atau Ratu Niang Lingsir meruoakan Ibu Semesta yang bertapa samadhi demi pembebasan semua makhluk khususnya roh roh orang yang sudah meninggal. Terkesan mistik, memang tempat tersebut angker. Sejuah ini, bukti-bukti sejarah belum ditemukan keterkaitan dengan Babad Noesa.Dewi Sentani adalah energi féminim dari beliau yang berstana di Puncak Mundi. Dulu itu tanah kosong yang dibeli oleh kakek tapi sudah ada pelinggih bebaturan dari batu batu karang disusun.

pengempon Pura saat dikormfirmasi, Kamis (18/8) Made Ayu Diah Indira Virgiastuti mengatakan upacara piodalan sebelumnya digelar upacara penyucian archa, pengeruwatan puja homa traya (agni hotra yang diikuti penekun spiritual 16 dan 17 Agustus sementara puncak piodalan berlangsung kemarin pkl. 08.00 wita. Piodalan tersebut dipuput dua sulinggih yakni Ida Pandita Empu Agni Satyawadi Dwi Natha dan Ida Pandita Dukuh Sunytmik Dasa.

Mangku Buda mengatakan Lebaoh berarti lobang roh (siwa dwara) senantiasa akan menawarkan keindahan fatamorgana baik ilusi maupun halusinasi yang akan melahirkan kegelapan dan pencerahan diri tergantung setiap kesadaran individu dalam peoses menelusuri lobang roh sebagai pintu kesadaran.

Lebaoh yang indah panoramanya,sejuk udaranya ,sepi ,tenan dan penuh kedamaian sangat cocokk bagi para penekun meditasi,yoga dan samadhi melalui ritual melukat pembersihan lobang roh ( air suci )dan pembangkitan prana dengan ritual agni puja ( api suci ).(*sjd)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.