Komunitas Perupa Tampaksiring Peradaban Air Intrepretasi Visual Perupa

karya salah satu perupa (foto/susanta)

KETEWEL-GIANYAR, Komunitas Perupa Tampaksiring ; Amarawati Art Community adalah sebuah wadah bersama yang didirikan sebagai ajang pembelajaran, sharing gagasan, serta kerja kreatif para anggotanya yang terdiri dari para perupa di wilayah kecamatan Tampaksiring Gianyar. Meskipun memakai label wilayah yakni Tampaksiring, masing masing anggota tetap memiliki kebebasan untuk membuka diri dan mengembangkan aktivitas berkeseniannya secara personal,di luar wadah ini sesuai dengan pilihan strategi artistik masing masing. Amarawati Art Community hadir sebagai sebuah panggilan jiwa para anggotanya yang merasa lahir dan bertumbuh di wilayah Tampaksiring dan ingin menghidupkan basis kesenirupaan ataupun kesenian secara lebih luas di Tampaksiring.Pemaran yang tertajuk "Peradaban Air " yng diselenggarakan di Bentara Budaya Bali, Ketwel, Gianyar.

Kehidupan di dunia ini nyaris tak dapat berjalan tanpa adanya air.Setiap organisme di bumi ini sebagian besar memerlukan air untuk dapat bertahan hidup. Air menjadi zat yang sedemikian vitalnya dalam kehidupan manusia. Masyarakat Bali, air memiliki posisi yang penting bahkan cenderung dimuliakan.Air suci (Tirta) adalah elemen penting yang harus ada dalam setiap upacara. Sebuah ritual baru akan dianggap lengkap jika telah mengalami prosesi pemercikan tirta atau air suci tersebut. Demikian sentralnya posisi air (tirta) dalam sistem keagamaan masyarakat Bali sehingga praktik ritual keagamaan masyarakat Bali dikenal dengan Gama Tirta, sebelum kemudian resmi tercatat secara administratif sebagai Agama Hindu sebagai nama resmi yang diakui Negara, " kata kurator I Made Susanta Dwitanaya.

sebagai daerah agraris, Menurut Susanta peradaban di Bali menunjukkan capaian dan visi estetik masyarakat Bali pada masa lalu. Selain berupa artefak ertefak arkeologis, peradaban air juga terlihat dari berkembangnya sistem irigasi yakni subak.

kegeliasan perupa melihat air sangat berguana bagi kehidupan sosila, budaya masyarakat Bali Komunitas Perupa Tampaksiring terinspirasi mengarap sebuah pemeran seni bersama. Bentuk intepretasi, sudut pandang, dan cara presentasinya,perupa yang ambil bagian antara lain I Made Suisma, I Wayan Aripta Guna, I Putu Edy Asmara Putra , I Made Muliana "Bayak ", I Nyoman Suarnata, Ida Bagus Ketut Djiwartem, Pande Wayan Suputra, I Made Kartiyoga, I Wayan Arinata, I Made Sudarsa, I Made Renaba, Ngakan Ketut Parweka, Ida Bagus Sudana Astika, Ida Bagus Asmara Wirata ( gus chenk), Ida Bagus Dewangkara (gus aping), Dewa Gede Saputra, Ngakan Agus Artha Wijaya, Jro Mangku Jiwatman , Ni Komang Atmi Kristiadewi, Ni Nyoman Kartika Tri Dewi, Damar Langit Timur, I Made Sudiana "Pedjeng", I Nyoman Kandika, I Kadek Suwi, I Made Adi Putra Sentana, I Made Ardiana, I Gede Arya Danu Palguna, I Wayan Gede Kesuma Dana, Jro Mangku Nyoman Sutrisna, I Wayan Gede Suwahyu, I Ketut Darmayasa dan Putu Krisna Soma Mayudata adalah 32 perupa yang terlibat dalam pameran ini.

Susanta seraya menambahkan gagasan yang terlontarkandalam sebuah karya , ada dalam lapisan lapisan bahasa visual yang kompleks. Didalamnya ada dimensi teknis, medium, dan bahasa rupa itu sendiri yang memiliki logika bahasanya sendiri. Ketika seniman berhadapan dengan sebuah tema , ia akan mengolah dan menginterpretasi tema tersebut berdasarkan sudut pandang yang dipilih. Pada titik ini seniman menjadi subjek, menjadi sang pembaca yang bermain dengan imajinasinya. Termasuk dalam mengintepretasi seputar tema peradaban air, terlihat bagaimana para perupa berupaya menghadirkan keberagaman cara melihat dan membedah tema tersebut.(*)

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 comments:

  1. Thanks for sharing, nice post! Post really provice useful information!

    Giaonhan247 chuyên dịch vụ vận chuyển hàng đi mỹ cũng như dịch vụ ship hàng mỹ từ dịch vụ nhận mua hộ hàng mỹ từ website nổi tiếng Mỹ là mua hàng amazon về VN uy tín, giá rẻ.

    ReplyDelete
  2. Hanya Dengan Deposit Rp.50.000 akan mendapatkan berbagai promo bonus menarik dari Zeusbola mulai dari
    ✔ BONUS KEMENANGAN BERUNTUN SABUNG AYAM
    ✔ BONUS NEW MEMBER SPORTSBOOK & SABUNG AYAM
    ✔ BONUS DEPOSIT SPORTSBOOK, SABUNG AYAM DAN TANGKAS ONLINE
    ✔ BONUS ROLLINGAN LIVE CASINO
    ✔ BONUS CASHBACK
    ✔ BONUS REFERRAL

    Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Semua Bank Lokal
    OVO
    Gopay
    Dana
    Pulsa

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607






    ReplyDelete

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.