Membentengi Diri, Budaya Dan Agama Menapak Perkembangan Pariwisata

pemotongan tumpeng perayaan Hut ST Manik Karana (foto/sjd)

SUANA, Daya ungkit kreatifitas sekaha teruna diera sekarang perlu wadah dan ruang berkreasi menyembatani diri dari pengaruh globalisasi. Jati diri sekaha teruna diuji makin marak dan gencar pengaruh era kekinian yang berdampak buruk bagi perkembangan sekaha. Memfilter budaya yang tidak baik adalah seharusan melalui kegiatan yang berdasarkan budaya dan agama menapak jaman kedepan. Lebih lagi perkembangan pariwisata Nusa Penida mencuat seiring promosi yang dilakukan melalui festival. Peran sekaha teruna sangat fital pengembangan budaya dan agama bersenergi dengan masyarakat.

Budaya cikal jati diri membentengi kekuatan larut hal-hal yang tidak positif, tapi sangat naif bila berwacana tidak diimbangi kreatifitas berkesenian sekaha teruna. Curahan expresi penting disini dicarikan tempat yang pas dan cocok bukan tempat yang lain. Mawas diri diera kekinian dengan budaya dan agama, " kata Bendesa Desa Pakraman Karang Sari Jro mangku Nyoman Yoga saat memberikan sambutan Hut 32 Sekaha Teruna Manik Karana di Alun-Alun setempat.

Bagi Yoga penting memberikan ruang dan wadah berkreasi berkesenian sekaha teruna menyalurkan bakat dan kemampuan membentengi diri melalui kegiatan positif berdasarkan budaya dan agama.
Ketua Pantia Kadek Widana mengatakan kegiatan sebelum puncak Hut Sekaha Teruna diawali berbagai kegiatan sosial dan perlombaan seperti senam masal, turnamen Vollyball, permainan. Partisipasi sekaha teruna dan krama memberikan dukungan baik moral maupun moril terselenggara acara ini.

" kegiatan ini bertujuan menyatukan kembali tali persausaraan dan bermanfaat bagi sekah teruna berkontribusi pada desa pakraman dalan hal pengembangan sumber daya manusia menapak perkembangan pariwisata, " ucap Widana.

Puncak malam Hut Sekaka Teruna dihibur penampilan artis Bali seperti Dewa Sunggama, Gek Diah 3G dan guest star Kiss Band. Acara tersebut dihadiri Kapolsek Nusa Penida Kompol Geds Arianta, Camat Nusa Penida yang diwakili Kasi Sosbud I Dewa Ketut Suspriawijaya, tokoh masyarakat dan masyarakat Krama Desa Pakraman Karangsari.

Sementara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyempatkan menyambangi Sekaha Teruna Manik Karana siang harinya. Kesibukan Bupati Klungkung tidak bisa hadir pada puncak perayaan Hut Sekaha Teruna.(*sjd)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments:

  1. Hanya Dengan Deposit Rp.50.000 akan mendapatkan berbagai promo bonus menarik dari Zeusbola mulai dari
    ✔ BONUS KEMENANGAN BERUNTUN SABUNG AYAM
    ✔ BONUS NEW MEMBER SPORTSBOOK & SABUNG AYAM
    ✔ BONUS DEPOSIT SPORTSBOOK, SABUNG AYAM DAN TANGKAS ONLINE
    ✔ BONUS ROLLINGAN LIVE CASINO
    ✔ BONUS CASHBACK
    ✔ BONUS REFERRAL

    Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Semua Bank Lokal
    OVO
    Gopay
    Dana
    Pulsa

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607






    ReplyDelete

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.