Pura Prajepati Berbetuk Candi Gelar Piodalan

pura prajepati berbentuk candi ala Jawa di Batununggul, Nusa Penida (foto/sjd)

BATUNUNGGUL, Setiap pura di Bali memiliki karistik khas seperti Pura Dalem Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul. Komplek pura dalem tersebut memiliki pura prajepati. Hal yang unik dan berbeda pada umumnya di Bali, pura prajepati berbentuk candi ala jawa. Biasanya candi ditemui di Jawa, sampai sejauh ini belum bisa diungkap keberadaan pura prajepati berbentuk candi.

Kemegahan arsitektur terlihat mencolok saat memasuki pelabuhan tradisional Sampalan. Ornamen dan refief pura megah berbagai hiasan menghiasi pura. Ditengah areal pura terdapat patung jagurmanik dan empat patung di depan pura. Jagurmanik bertugas sebagai mencacat perbuatan manusia saat masih hidup. Layak candi di Jawa, ditengah candi terdapat patung Dewi Durga. Taksu patung tersebut memancarkan aura spiritual.

Menurut Bendesa Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul I Dewa Ketut Tayanegara saat ditemui di pura dalem setempat, Rabu (16/11) Pura Prajepati dibangun oleh seniman handal dari Banjar Batununggul alm. I Dewa Gede Purwa. Proses pembangunan sendiri diilhami dari sebuah wahyu. Beliau salah satu seniman multi talenta dimiliki Nusa Penida, kekuatan spiritual menjadi karya tersebut metaksu.

tari wali pendet pasupan persembahan kepada Ida Bhatara setelah melasti ditarikan ibu PKK(foto/sjd)

Sampai sejauh ini belum jelas kapan Pura Prajepati dibangun. Jelasnya, Tayanegara mengatakan pura tersebut sudah menjadi warisan dari generasi ke generasi. Tutur para pelingsir, beliau juga membuat candi bentar di Pura Batumedawu. Arsitektur hampir mirip dengan Pura Prajepati.
Menjulang dengan ketinggian 17 meter, Pura tersebut sangat terlihat jelas di Lapangan umum Sampalan.

Banyak kalangan yang bertanya tentang Pura Prajepati berbentuk candi ala Jawa, tapi kami tidak bisa menjelaskan secara detail. Pura ini sampai sempat terdengar ditelinga Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bali bahkan pernah berkungjung namun hanya mengabadikan lewat foto, “ jelasnya.
Pura Prajepati satu kesatuan dengan Pura Dalem, piodalan jatuh pada rahina Buda Kliwon Matal. Pura Dalem diempon sebanyak 5 Banjar antara lain Mentigi, Sampalan, Geria Tengah, Batununggul dan Tainbesi.

upacara melasti dengan rangkain mekobok di pantai setempat (foto/sjd)

Rangkain upacara piodalan diawali dengan pelastian diiringi tari wali seperti Baris Gede, Tejang Dewa, pendet pasupan serta topeng. Puncak pujawali hari ini nyejer tiga hari sementara nyinep sabtu depan. (*sjd)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.