Menelisik Budaya Dimata Lensa

Tjok Romy Tanaya


Perkembangan teknologi diera sekarang sangat membantu aktifitas sehari-hari, lebih lagi arus informasi mudah diakses atau melihat kabar sahabat melalui sosial media. Foto adalah bagian dari sosial media, kebutuhan esensial foto sebuah keharusan dan mutlak jaman “ now”. Keterampilan mempuni dunia fotograpy tidak semudah yang dibayangkan. foto yang dihasilkan seolah-olah mereka yang melihat terbawa suasana dalam foto. Terpana.
Gayung bersambut peran fotograpy tentang budaya saling membantu dari sisi penyajikan kepada publik sebuah budaya yang tadinya belum diketahui. Genre ini dilirik seorang fotograper asal Puri Klungkung, Tjokorda Gde Romy Tanaya. Getaran jiwa menyaksikan budaya sebuah daerah, tangan secara otomatis memainkan kamera membidik setiap momen yang langka. Pergolakan emosional terbawa dalam alunan budaya, iapun terus terpacu dengan waktu mengabadikan.
Perkenalan dunia fotograpy, ia bercerita tatkala meminjam sebuah kamera pokcet. Sejak saat itu juga terpana pandangan pertama terjun fotograpy. Rasa penasaran semakin klimak, gelisah seperti merasakan pandangan pertama jatuh cinta. Candu merasuki pikiran Tjok Romy, sejak itu terus belajar dan belajar hingga ia bergabung komunitas Perhimpuan Fotograper Bali.
Kamera terbeli olehnya disitu resah membeku mencairkan harapan merajut asa menjalankan hobby. Bergurau dan canda bersama sahabat sehobby semakin menarik, obrolan esensial tentang dunia foto. Terkadang hal-hal lucu kerap melanda kita saat hanting di lokasi, disitulah rasa keakbraban muncul. Sayang, duka menimpanya kalau ada moment budaya langka berbenturan dengan jam dinas ia tidak dapat ikut. Merelakan hobby demi mendahulukan tugas sebagai abdi negara.
foto karya Tjok Romy Tanaya

“ Saya suka genre budaya. Karena, kita bisa tahu tradisi budaya yang ada di Bali terutama tradisi budaya langka yang hanya dilaksanakan setiap beberapa tahun sekali, “ kata Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung.
Peran orang terkasih dan lingkungan menyulut Tjok Romy menyelarasakan hobby. Sejak tiga tahun lalu bergabung dengan Perhimpunan Fotografer Bali. Merajut asa tertempa sedemikan rupa hingga hobby tersebut memberikan arti hidup. Berbicara prestasi, Tjok Romy pernah menyabet
juara 1 lomba foto perikanan di Pemda Badung, selain itu Juara harapan 2 lomba foto KNPI Gianyar. Peran senior yang sudah lama berkiprah dunia fotograpy membentuk seorang Tjok Romy. Ida Bagus Putra Adnyana adalah inspirasi Tjok Romy, beliau merupakan seorang fotografi senior di genre budaya.
“ Sangat mendukung sekali keluarga dan lingkungan apalagi sekarang bertugas di Dinas Pariwisata ya dapat mempromosikan wisata yang ada di klungkung,” tuturnya alumnus Univesitas Ngurah Rai, Denpasar.
Plagiat paling dibenci insan berkecimpung dunia seni termasuk fotograpy, ia menilai sangat merugikan karena bagi yang melakukan hal ini tidak tahu bagaimana susahnya menghasilkan suatu karya foto yg bagus. (*)


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.