Gunung Agung dan Tiga Nusa


peta jalar evakuasi


Oleh ; Komang Suarkarya

Diawal dinaikkannya status Gunung Agung menjadi "Awas", tidak banyak pengaruhnya terhadap kunjungan ke wilayah Lembongan, Ceningan, dan Nusa Penida.

Namun beberapa hari setelah dikeluarkannya "travel warning" oleh Amerika (yang seperti biasa diikuti oleh Australia), memunculkan sedikit kekhawatiran pada para tamu.

Beberapa tamu, menurut beberapa pengelola akomodasi di Lembongan, Ceningan, dan Nusa Penida, membatalkan rencana kunjungan mereka. Dari beberapa tamu Australia yang melakukan pembatalan, sebagian besar dari mereka lebih takut kepada 'impact' ke penerbangan (flight delay). Berbeda dengan beberapa tamu China yang sempat saya korespondensi, mereka lebih takut terhadap dampak erupsi dari Gunung Agung, walaupun kemudian, banyak juga dari mereka yang bertanya dan memastikan kalau tiga pulau ini aman dari dampak erupsi.

Beberapa hari/minggu ke depan, besar kemungkinan tingkat pembatalan akan terus meningkat. Menjadi tugas besar untuk teman-teman pengelola akomodasi untuk berusaha melakukan koresponden kepada tamu-tamu yang sudah booking, bahwa tiga pulau termasuk dalam zona aman dari erupsi, untuk menekan tingkat pembatalan/cancellation.

Semoga tidak terjadi bencana besar, semoga keluarga dan sahabat-sahabat yang terdampak diberikan keselamatan dan yang di pengungsian dikuatkan.

=============================

Latest advice, 22 September 2017

"Mount Agung, an active volcano in Karangasem Regency in East Bali, has shown recent increased volcanic activity. Local authorities have temporarily suspended all outdoor activities such as hiking and camping activities in proximity to the crater. Monitor local media reports and follow the instructions of local authorities. An eruption of Mount Agung could impact air travel in the region. Contact your airline or tour operator to confirm travel plans (see Additional information)."
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.