Jelang Pilkada 2018, Bijak Menggunakan Internet


Bupati Suwirta sosialisasi pencegahan komflik di masyarakat ditengah perkembangan pariwisata di Nusa Penida di balai banjar Kutampi Kaler (foto/hmsklk)


KUTAMPI KALER, Gesekan terjadi seiring dengan perkembangan terjadi suatu daerah, begitu juga dengan kecamatan Nusa Penida. Pariwisata dua tahun terakhir berkembang pesat, potensi ditengah perubahan yang pariwisata, konflik potensi dikhawatirkan akan semakin meningkat. Menelisik hal tersebut setiap individu wajib mengendalikan pikiran dan perilaku negatif yang dapat menyinggung perasan orang lain, sehingga Nusa Penida tetap dalam keadaan damai.

"Tidak hanya antar kelompok, bahkan konflik antar individu dalam keluarga pun harus dihindari. Apalagi menjelang Pilkada tahun 2018 ini, saya mengajak seluruh komponen masyarakat di Nusa Penida agar senantiasa mengendalikan pikiran dan perbuatan yang dapat memicu terjadinya konflik dan mengganggu geliat pariwisata Nusa Penida," ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat Sosialisasi Pencegahan Konflik Sosial dihadapan Prajuru Desa Adat, Tokoh Masyarakat, Ketua Sekaa Teruna dan Pecalang di Balai Desa Kutampi Kaler, Kecamatan Nusa Penida, beberapa waktu lalu.

Menurut Bupati Suwirta, ada berbagai macam sumber konflik dimasyarakat, salah satunya faktor ekonomi. Faktor ini sangat berpengaruh dan menjadi faktor utama dalam munculnya sebuah konflik. Tidak hanya antar golongan atau kelompok, konflik antar individu dalam keluarga juga harus dihindari.

Kosumsi internet yang masuk kepelosok desa satu sisi memberikan dampak yang posotif mengakases informasi dengan mudah, tapi dari sisi buruk juga beriringan. Dalam hal ini pengguna internat harus bijak menggunakan. Bupati Suwirta meninta masyarakat tidak mudah terpengaruh berita yang belum terbukti kebenarannya (hoak) didunia maya atau media sosial. "Jangan mudah terpancing apalagi ikut menyebarkan serta berkomentar yang dapat menimbulkan keresahan dan kebencian," ujarnya.

Sosialisasi pencegahan konflik sosial oleh tim terpadu penanganan konflik sosial merupakan kegiatan yang difasilitasi Bidang Konflik, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Klungkung guna mencegah konflik sosial menjelang perhelatan Pilkada 2018.

Program ini diharapkan mampu menyadarkan masyarakat untuk lebih mempererat rasa manyame braya serta bersatu mendukung pemerintah untuk kelancaran pembangunan.

Kegiatan ini akan dilaksanakan diseluruh Kecamatan di Kabupaten Klungkung. Setelah Nusa Penida, disusul Kecamatan Dawan di Desa Pesinggahan, 5 November 2017, Kecamatan Klungkung di Desa Selisihan, 16 November 2017 dan terakhir Kecamatan Banjarangkan di Desa Aan, 29 November 2017.(*)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.