Uji Coba Kapal Roro di Pelabuhan Gunaksa

uji coba berjalan mulus, tapi rampdoor tak kunjung diturunkan karena kapal Roro digoyang gelombang (foto/eka)

GUNAKSA- Uji coba Kapal Nusa Jaya Abadi bersandar di Pelabuhan Gunaksa berjalan mulus, tapi sayang gelombang jadi masalah selama 30 menit kapal rorol terombang-ambing. Rampdoor kapal urung diturunkan situasi tidak memungkin. Hal ini disampaikan kapten kapal Abdul Manan saat uji coba beberapa hari lalu mengatakan keluar masuk berjalan lancar, tapi ngga bisa menurunkan rampdoor karena ombak. Sebagai catatan, ia menilai pintu masuk dermag...a lebih sempit dari pelabuhan Nusa Penida sehingga kapal balik lagi ke Nusa Penida , " ujarnya.

Menurut Kadis Perhubungan Bali Ketut Artika mengatakan kapal berhasil dengan baik saat sandar di dermaga. Masalah gelombang, halis uji coba perlu analisa lagi.

Kadishubminfo Klungkung I Nengah Sukasta menambahkan, hasil ujicoba, kapal sudah bisa bersandar, namun ada kendala gelombang. “Biasa di pelabuhan, kalau ada kapal gagal sandar, tadi (kapal terombang ambing) ada sekitar 30 menit,” imbuh Sukasta. Terkait nahkoda kapal tidak menurunkan rampdoor, Sukasta beralasan kapal tidak memuat penumpang. “ Karena tidak ada penumpangnya kan tidak perlu menurunkan rampdoor, ” dalihnya.

Beda dengan pernyataan Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) yang juga Sahbandar Nusa Penida Gede Putrawan, menilai Kapal Nusa Jaya Abadi gagal bersandar, karena factor gelombang. Dikatakan Putrawan, seharusnya kapal menurunkan rampdoor, tapi karena gelombang besar (gagal turunkan rampdoor). Ada tros belakang dua, depan dua sudah tidak kuat. Kalau rampdoor turun baru aman, dibantu tali tros, rampdoor juga berfungsi menahan kapal,” tandas Putrawan. (*)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.