Pura Pesamuan Lawang Sari Pintu Solusi Permasahan Hidup

Pura Pesamuan Lawang Sari memohon keberkahan dan kaul minta anak (foto/mangkubuda)

LEMBONGAN, Memasuki Pura Pesamuan Lawang Sari yang berlokasi di Nusa Ceningan, Kecamatan Nusa Penida aura kedamaian begitu terasa. Pemedek yang tangkil percaya bahwa Pura Pesamuan Lawang Sari sebagai tempat paruman Batara-Betari jagad Nusa dalam rangka evaluasi kerja dimasing-masing wilayah sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat di masa depan untuk menjadikan nusa kembali bertaksu dan nusantara kembali bersinar.

Beberapa pelinggih yang menyimbulkan bahwa pura pesamuan lawang sari sebagai tempat bertapanya Dukuh Jumpungan di masa lalu antara lain gedong pesamuan tempat beratapanya Dukuh Jumpungan / Batare Lingsir, padma sari stana Dewa Siwa, gedong wahyu agung turunnya ilmu pengetahuan/ saraswati ( ajaran kanda sanga), gedong taksu agung turunnya panugrahan kanda sanga tanpa sastra, gedong peranda sakti perwujudan siwa pasupati, gedong betari durgha stana ratu ayu nas rajeg bumi / papak selem, pelinggih pemaruman tempat parum para betare betari jagad nusa, gedong prasasti jagad nusa tempat menyimpan wahyu suci yang di terima tentang jagad nusa.

Beberapa bukti bahwa pesamuan lawang sari sebagai Ida Batara jagad nusa melalui beberapa petujuk yang di terima hasil dari paruman dan telah di publikasikan kepada masyarakat umun seperti terbitnya buku babad Nusa Penida, buku kanda sanga tanpa sastra, buku tirta yatra ke Nusa Penida serta telah di laksakannya pengeruatan pastu Dalem Sawang lokasi di puncak mundhi.

Menurut Mangku Made Buda, Pura pesamuan lawang sari sebagai pintu solusi bàgi para bhakta guna memperoleh pencerahan. Banyak umat yang datang memohon kesembuhan dari berbagai penyakit yang di deritanya. Memohon keberuntungan agar di percaya menerima titipan dari hyang Maha Kuasa berupa keturunan /anak, selain itu pemedek datang memohon petunjuk tentang permasalahan hidup yang di hadapai saat ini, tuntunan ajaran leluhur nusantara yaitu kanda pat penangkal diri dari gangguan sekala màupun niskala & memohon keberkahan rejeki,kesejahteraan,dan kedamaian.
Pujawali di Pura Pesamuan Lawang Sari di laksanakan tiga kali anggara kasih prangbakat pujawali lda Batara jagad nusa, saniscara umanis watugunung pujawali turunnya ilmu pengetahuan kanda sanga tanpa sastra ( saraswati ) & saniscara kliwon landep pujawali sanghyang panca maha bhuta ( buana agung). Pengempon pura pesamuan lawang sari saat ini baru berjumblah 17 KK.

Cerita menarik di balik pengempon banyak mereka datang dengan berbagai cerita. Dari mimpi dicari oleh Beliau yang berstana di Pura Pesamuan Lawang Sari, warga yang sakit secara mujizat kesembuhan di pura. Ada pula yang datang karna tidak punya keturunan dan mohon di pura terkabul berkat tumpukan pahala karma masa lalu sehingga di percaya menerima titipan. Selain itu, pemedek yang datang dengan berbagai permasalahan hidup duniawi dengan niat tulus untuk berubah sehingga terkabul doa dan mendapat anugrah kesejahteraan hidup damai.

Pura pesamuan lawang sari berada di nusa ceningan berada di ujung barat pulau berdekatan denga Pura Batumelawang. Munculnya Pura Pesamuan Lawang Sari kepermukaan saat ini sebagai awal kebangkitan Nusa Penida dari keterpurukan akibat pastu Dalem Sawang dan sebagai pintu utama spirit Nusa Penida.(*)

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.