Bedah Desa Ke-21, Angka Kemiskinan Masih Tinggi di Batumadeg

Bupati Suwirta tengok KK miskin di Batumadeg (foto/sjd)


BATUMADEG, Angka kemiskinan masih belum beranjak turun di kecamatan Nusa Penida dari wilayah lainya di Kabupaten Klungkung terutama Desa Batumadeg mencapai 322 KK kurang mampu yang tersebar 6 dusun meliputi, Batumadeg Kelod dan Kaja, Pangkung Gede, Penutuk dan Saren 1 & 2. Persentase 60 % dari jumlah penduduk tapi data tersebut dilapangan masih banyak yang belum terdata.

Dalam bedah besa ke-21 di Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membedah persoalan desa, Jumat (17/6). Bupati Suwirta menyampaikan semua aspek permasalahan bukan hanya KK miskin potensi desa perlu dikembangkan lebih lanjut baik pemberdayaan masyarakat maupun potensi alamnya. Semua permasalahan tersebut ditangani perlu langkah-langkah pemetaan secara proposional. Wilayah begitu luas dan berbukit akses penghubung banyak ditemukan jalan non status.

Sementara potensi wisata Desa Batumadeg memiliki dua objek menarik seperti Tembeling dan Batu Banah peluang begitu besar tidak cukup hanya mengandalkan dana desa koordinasi dengan Pemkab hal penting meningkatkan taraf hidup masyarakat. Memandangai keindahan dari kejauhan tidak sebatas dipandangi gayung bersambut antara masyarakat dan pemkab. Kekuatan tebing akan dikaji sebelum akomodasi dibangun.

Bupati Suwirta menekankan perencanaan, usulan saling bersenergi potensi yang ada jangan disia-siakan.

" Angka putus sekolah sangat tinggi, saya memerintahkan Dinas Pendidikan melakukan program kejar paket. Sebetulnya data dilapangan kemiskinan tidak separah lebih mendingan dari daratan Klungkung. Selain itu, program padat karya produktif pengentasan kemiskinan berupa bantuan pembuatan kandang sapi dan bibit sudah dijalankan di Desa Pejukutan akan dilayangkan program yang sama di Batumadeg serta pelatihan keterampilan lainya seperti pelatihan bahasa Inggris mengingat daerah Batumadeg sering dikunjungi wisatawan asing, " bebernya. (*)

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.