Warga Lembongan Swadaya Pasang Papan Peringatan Pesisir Pantai




Secara swadaya warga pasang papan periangatan (foto/NNL)



LE
MBONGAN, Seperti yang kita ketahui, bulan lalu telah terjadi kecelakaan jatuhnya wisatawan Singapore di daerah Devil’s tear, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida yang menyebabkan kematian. Sebenarnya kejadian serupa sudah pernah terjadi beberapa kali tapi tidak diberitan. Dari kejadian tersebut, beberapa wacana muncul di media social, dari yang menyalahkan wisatawan sampai yang menilai perlunya peringatan di tempat.

Dari rembuk media social muncul langkah-langkah yang luar biasa, tidak hanya wacana langkah nyata juga dilakukan. Berkat sumbangan dari perkumpulan cycling #1 lembongan berupa papan peringatan, sehingga apa yang diharapkan orang banyak untuk memberikan peringatan dini kepada pengunjung bisa terlaksana.

Perbekel desa Lembongan Ketut Arjaya menyambut baik dengan apa yang dilakukan generasi muda. “ Ini salah satu contoh hasil komunikasi yang searah dan terbuka antara generasi muda, tokoh muda dan pemerintah desa,” ujar, Rabu (8/7/2015) Perbekel yang belum genap setahun menjabat ini.

“ generasi muda dan tokoh muda yang lain berbuatlah yang lebih nyata, jangan hanya bisa memberi comment yang sok menjadi orang pintar pada setiap permasalahan yang ada tanpa berbuat dan bertindak secara nyata. Langkah-langkah nyata seperti inilah yang ditunggu untuk memajukan desa kedepan, disamping kesadaran yang dimulai dari dalam diri kita. Semoga apa yang dilakukan bisa menjadi contoh bagi generasi muda, ” imbuhnya.

Pemasangan papan peringatan pengunjung juga akan dilakukan di Jembatan Kuning, berupa pemasangan papan peringatan yang diharapkan mampu memberi pemahaman kepada pengguna jembatan untuk lebih memperhatikan keselamatan.
Hal senada yang disampaikan Kepala UPT Kawasan Koservasi Perairan Nusa Penida I Nyoman Karyawan mengatakan sangat meapresiasi pemasangan papan peringatan. Papan peringatan ini sangat penting bagi pengunjung agar mamatuhi aturan agar jangan terjadi hal-hal yang tidak diingankan di daerah pesisir pantai. “ tahun depan akan dianggarkan papan peringatan di semua wilayah di Nusa Penida. ini sangat mendesak sekali untuk memberi pemahaman kepada semua pengunjung baik wisdom dan wisman,“ terangnya.

Oleh : Santana Ja Dewa

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.