Gelung kori Di Pura Puncak Mundi Dipugar






KLUMPU, Serangkaian pemugaran di Pura Puncak Mundi, Desa Klumpu, Nusa Penida, Bupati Suwirta meletakkan batu pertama. Peletakan batu pertama ini juga bertepatan dengan Purnama Kasa yang juga piodalan di pura tersebut. Kegiatan ini didampingi Pengempon Pura Wayan Sukla, Bendesa Klumpu Wayan Katon berserta pengempon Pura , Rabu (1/7) kemarin.
 
Pembangunan Pura secara bertahap yang diawali pemugaran Gelung Kori secara simbolis Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan peletakan batu pertama.
        
Menurut Pengempon Pura Puncak Mundi Wayan Sukla, pemugaran Gelung Kori ini dilakukan, karena kondisi Gelung Kori di Pura Puncak Mundi tersebut sudah sangat Menghawatirkan dan strukturnya yang mulai rapuh. Pemugaran ini sudah direncanakan sejak 2 tahun lalu, tapi baru sekarang bisa terealisasi. untuk dana yang dihabiskan sampai Gelung Kori ini selesai, diperkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp.600 juta, dimana dana tersebut berasal dari kas krama pengempon pura dan punia dari krama Bali yang bersembahyang ke Pura puncak Mundi. Untuk perbaikan di Pura Puncak Mundi dilakukan secara bertahap, sebelumnya sudah direhab Bale Reringgitan, Bale Pegongan, untuk sekarang Gelung Kori, dan selanjutnya yang direncanakan adalah perbaikan penyengker Pura.

        Bupati Suwirta dalam kesempatannya berharap pemugaran Gelung Kori ini bisa berjalan dengan baik dan benar. Semangat gotong royong harus lebih dijalin, Karena ini merupakan yadnya jadi. Ngayah harus tulus dan ikhlas. “ Sehingga apapun yang kita kerjakan astungakara berjalan lancar” ujar Suwirta. Untuk membantu meringankan beban masyarakat, pemerintah akan menganggarkan bantuan sebesar Rp300 juta untuk membantu pemugaran ataupun pemeliharaan Pura Puncak Mundi tesebut.#SJD


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.