ST Yowana Bhakti Ngelawar Saat Galungan




                     ST yowana Bhakti ngelawar saat Galungan (foto/endra)

Batununggul (waklaba.blogspot.com)

Lawar salah satu makanan khas Bali yang sering dijumpai saat perayaan Hari Raya maupun hajatan orang Bali. Hari Raya Galungan sebagain besar masyarakat Bali membuat lawar dan hidangan pedamping yakni ares. Ares sendiri merupakan makanan berkuah yang terbuat dari batang pisang. Diramu dengan olahan sambal khas Bali.

Menurut Ketua ST. Yowana Bhakti I Dewa Made Dwipayana, langkah awal perkenalan sekahe teruna cara membuat lawar. Tidak semata hanya bisa menikmati hidangan ini tapi paling tidak bisa cara membuat.

 “ kami sengaja mengambil moment Hari Raya Galungan, saat inilah semua sekahe teruna berkumpul baik yang dirantuan maupun menetap, “ ujarnya Kamis, (16/7/2015).

Dwipayana lebih menekankan kegiatan ini sangat mempererat tali persaudaraan satu sama lainya. Rasa kebersaaan ini akan terus tertanam dibenak sekare teruna. 

Lawar idintik dengan makan bersama. Di Karangasem makan bersama disebut dengan megibung. Ternyata Nusa Penida memiliki budaya makan bersama yang dinamakan nyadegang. Hampir sama yang dilakukan di daerah Karangasem bedanya satu porsi berempat. 

“ saya menyambut baik kegiatan ngelawar. ini salah satu inplementasi memperkenalkan ngelawar kepada generasi muda. tradisi ini sangat erat kaitannya kegiatan upacara maupun kegiatan agama lainya sehingga akan terus dilakukan. Ilmu yang sudah didapat mudah-mudahan bisa diterapkan dimasyarakat, “ tutur Bendesa Desa Pakraman Dalem Setra batununggul I Dewa Ketut Tayanegara.

Tayanegara menambahkan budaya nyadegang salah satu tradisi yang dilakukan turun temurun pada saat hari raya , piodalan serta kegiatan lainya.

Oleh : Santana Ja Dewa





Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.