Peduli HAM Klungkung Raih Penghargaan Nasional

Bupati Suwirta menerima penghargaan Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan HAM (foto/humasklk)


SURABAYA,
Satu persatu Kabupaten terkecil di Bali yakni Klungkung mengukir prestasi tingkat nasional. Selang beberapa hari meraih penghargaan Anugerah Dana Rakca tahun 2016 dari Presiden Republik Indonesia di Kementerian Keuangan Jakarta, Pemkab Klungkung kembali meraih piagam penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM, Kamis (8/12) bertempat di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jatim.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yosanna H. Laoly diterima Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Menurut Bupati Suwirta capaian ini diraih melalui proses yang telah dilakukan seluruh jajaran Pemkab Klungkung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Penghargan ini mampu kami raih berkat sebuah proses kerja yang telah dilakukan berasama sama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sesuai indikator penilaian yang telah ditentukan." ujarnya.

Klungkung tahun ini meraih nilai 86.25, untuk meraih nilai sempurna akan dilakukan usaha yang lebih keras lagi. Lebih lanjut, Bupati Suwirta mengatakan piagam ini bukanlah tujuan akhir kami, kepuasan masyarakat atas pelayanan kami selaku pelayan masyarakatlah yang utama, dengan pondasi Gema Santi, kami optimis bisa meraihnya.

Ketua Panitia yang sekaligus Direktur Jenderal HAM, Mualimi Abdi menjelaskan bahwa pada tahun 2017 penilaian penghargaan Kabupaten Peduli HAM akan menggunakan mekanisme baru. Ketentuan semula dari 5 kelompok hak dengan 17 indikator hasil, pada 2017 menjadi 7 kelompok hak dengan indikator struktur dan hasil. Selain itu verivikasi dilakukan berjenjang mulai dari Pemkab/Kota lalu ke Pemprov dan ke Kanwil Kementerian Hukum dan HAM.

Sementara itu Menkumham Yasonna H. Laoly berpesan agar peringatan HAM sedunia ke 68 ini tidak dilihat hanya sekedar ajang peringatan semata, namun juga sebagai waktu dimana kita dapat mengevaluasi dan menilai kinerja HAM di Indonesia, memperkuat solidaritas dan motivasi untuk mencapai masa depan HAM yang lebih baik.(*)

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.